Mejayan

Subsidi Pupuk, Pemkab Madiun Alokasikan Rp 2 M

MEJAYAN, Jawa Pos Radar Caruban – Tidak hanya pemerintah pusat, Pemkab Madiun juga bakal menyalurkan pupuk bersubsidi untuk petani. Dinas pertanian dan perikanan (disperta) setempat tengah menyusun klasifikasi penerima subsidi tersebut.

Targetnya, tiga bulan lagi dialokasikan. ‘’Subsidi pupuk dari pemkab itu merupakan upaya mengatasi minimnya alokasi pupuk subsidi (dari pusat) tahun ini,’’ kata Kabid Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Disperta Kabupaten Madiun Parna, Rabu (28/4).

Pemkab Madiun menyiapkan anggaran Rp 2 miliar untuk subsidi pupuk itu tahun ini. Namun, hingga empat bulan pertama 2021 ini belum disalurkan. Alasannya, masih banyak persiapan yang harus dirampungkan dulu. ‘’Masih perlu menyiapkan perangkat lunak. Seperti perbup (peraturan bupati) atau ketentuan lain,’’ ungkapnya.

Aturan main itu tengah dalam proses penyusunan. Detailnya masih digodok. Meliputi siapa, berapa, dan klasifikasi calon penerima. ‘’Dicari dan dipastikan dulu formula yang tepat. Termasuk luasan lahan milik petani sebagai kategori penerima subsidi,’’ terangnya. (den/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button