Pacitan

Subati Bangun Rumah Makan dari Modal Utangan

PACITAN – Kulineran ke Pacitan belum lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke rumah makan milik Subati. Selain menawarkan sajian aneka seafood yang menggoyang lidah, lokasinya di jalur menuju Solo dengan pemandangan menawan.

Tidak mengherankan jika pengunjung rumah makan tersebut selalu membeludak. ”Ada yang dari Ponorogo, Magetan, Solo, Jogja, sampai Jakarta,” ungkap perempuan yang akrab disapa Bu Gandos itu.

Kesuksesan Subati menekuni bisnis kuliner tidak didapat semudah membalik telapak tangan. Dia mengawalinya dengan membuka warung makan kecil dengan modal utangan. Sajiannya nasi tiwul, kalakan, dan ikan bakar. ”Belasan tahun lalu itu,” ujarnya.

Awalnya pelanggannya sekadar teman sesama sopir Sutino -akrab disapa Gandos- suaminya. Baru sejak delapan tahun lalu kebanjiran pelanggan, bersamaan bertambahnya jenis menu makanan yang disajikan. Mulai olahan ikan, udang, hingga lobster. ”Suami saya kan sopir bus Jakarta-Surabaya. Dulu teman-temannya biasa makan di sini,” kenangnya.

Kini, usaha rumah makannya semakin berkembang. Tidak hanya pelancong domestik, wisatawan asing pun kepincut dengan seafood olahannya. ‘’Banyak juga pengunjung lokal dari komunitas motor atau sepeda,” ungkapnya. (odi/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button