Advertorial

Strategi Dinkes Magetan Turunkan Level PPKM

Vaksinasi dan 3T Jadi Kunci

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan — Keberhasilan Magetan turun ke level 3 pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) tak lepas dari perjuangan Dinas Kesehatan (Dinkes) Magetan. Sejumlah langkah strategis yang diambil dinkes membuahkan hasil. Ketika kasus meningkat, kami buka rumah sakit darurat dan menambah kapasitas bed di sejumlah rumah sakit, supaya bed occupancy ratio (BOR) turun, ungkap Plt Kepala Dinkes Rohmad Hidayat.

Upaya tracing, testing, dan treatment (3T) digencarkan. Dari satu kasus positif, 15 kontak erat langsung dilakukan testing. Alhasil positivity rate turun di bawah lima persen. BOR juga ikut melandai hingga di bawah 20 persen. Magetan pun berada di level 3 PPKM sesuai Inmendagri 43/2021.

Untuk bisa turun ke level 2, dibutuhkan kerja keras dan dukungan dari semua pihak. Cakupan vaksinasi termasuk indikator utama. Magetan harus mencatat 50 persen cakupan vaksinasi dosis pertama. Saat ini, total cakupan vaksinasi dosis pertama sudah 35 persen. Khusus lansia, harus mencapai 40 persen dosis pertama. Saat ini baru 25 persen, terang Rohmad.

Serbuan vaksinasi menyasar lansia pun terus dilakukan. Perjuangan pemkab juga mendapat dukungan dari para stakeholder. Para lansia, kata Rohmad, perlu dilindungi oleh imunisasi korona karena mereka tergolong kelompok rentan. Rohmad juga berharap, masyarakat ikut mendukung dengan mematuhi protokol kesehatan (prokes). Jangan lengah. Selalu patuhi prokes. Jika ada kesempatan vaksin, segera vaksin, pesannya. (ebo/naz/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button