Pacitan

Status KLB Hepatitis A Segera Habis, Bakal Dicabut Akhir Tahun Ini

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Dinas Kesehatan (Dinkes) Pacitan ancang-ancang mencabut status kejadian luar biasa (KLB) hepatitis A. Rencananya, status wabah yang muncul sejak Juni lalu itu bakal disudahi akhir tahun ini. ‘’Mungkin tanggal 25 atau 26 Desember akan kami cabut,’’ kata Kepala Dinkes Pacitan Eko Budiono kemarin (19/12).

Menurut dia, berdasarkan hasil evaluasi, semua penderita sudah sembuh. Pun tidak ada keluhan atau penularan lagi. Sejak kali pertama ditemukan, 1.110 warga Pacitan dinyatakan menderita hepatitis A. Mayoritas di wilayah timur Pacitan. Antara lain, di Kecamatan Sudimoro, Ngadirojo, dan Tulakan.

Sempat meredup, namun kasus kembali muncul Agustus silam. Meski jumlah penderita tak lebih dari hitungan jari. Pun terdeteksi pasien kambuhan. Penularan yang mudah membuat status KLB diperpanjang. ‘’Kami ambil seratus hari sejak kasus terakhir,’’ terangnya.

Meski berencana segera dicabut, namun pihaknya tak ingin lengah. Pasalnya, beberapa waktu lalu laporan wabah hepatitis menyerang Depok dan Jakarta. Terlebih mendekati momen liburan Natal dan tahun baru (Nataru) serta sekolah. Diprediksi banyak warga luar daerah yang berlibur ke Pacitan. ‘’Mobilitas warga Pacitan ke Jakarta hampir setiap hari ada,’’ bebernya.

Eko menyebut dampak hepatitis cukup tinggi. Anggaran biaya perawatan para penderita di puskesmas dan rumah sakit menyentuh Rp 0,5 miliar. Bantuan obat-obatan dan air bersih dari pemprov juga menyentuh nomimal yang sama. ‘’Semoga tak ada lagi temuan kasus tersebut, khususnya memasuki musim penghujan,’’ harapnya.

Pihaknya bakal kembali menyebar petugas kesehatan serta para kader door-to-door ke rumah warga. Sembari mamantau kondisi kesehatan masyarakat. Sehingga, saat ada temuan penyakit menular, informasi dapat diteruskan dengan cepat. Pun bisa dicegah. ‘’Berbasis pendekatan keluarga. Setiap anggota keluarga didata dibantu kader,’’ jelasnya. (gen/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close