Advertorial

Srikandi DPRD Ngawi Peringati Hari Kartini, Perempuan Harus Menjaga Moral

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Perjuangan RA Kartini menginspirasi kiprah politik 12 legislator perempuan di DPRD Ngawi. Berkat Raden Ayu Kartini, perempuan kini memiliki kesempatan luas dalam menggapai puncak karier di berbagai bidang, termasuk politik. ‘’Keadilan gender sudah sangat baik di hampir setiap bidang,’’ kata Samini, anggota Komisi III DPRD Ngawi, Rabu (21/4).

Samini termasuk politisi senior. Perempuan kelahiran 1937 itu merasakan banyak perubahan atas kedudukan perempuan di masyarakat. Sejak Indonesia merdeka hingga selepas reformasi, perempuan semakin berdaya. ‘’Di era kesetaraan gender sudah hampir merata ini, perempuan masih punya pekerjaan rumah, yaitu menjaga moralnya,’’ ujar politisi Partai Golkar itu.

Susi Handayani, legislator perempuan satu-satunya di komisi II, menjadikan perjuangan Kartini sebagai pelecut semangatnya dalam mengabdi untuk masyarakat. ‘’Ada kepuasan tersendiri bisa ikut andil mengawal aspirasi perempuan,’’ kata politisi PDI Perjuangan itu.

Sri Haryantiningsih, legislator Partai Hanura di komisi I, menyebut bahwa peran perempuan saat ini sudah setara dengan laki-laki dalam berbagai bidang. Perempuan bisa menjadi kepala daerah, menteri, bahkan presiden. Namun demikian, perempuan tetap tidak boleh melupakan kodratnya. ‘’Di luar rumah, jabatan boleh tinggi. Tapi, di dalam rumah tetap harus berbagi tugas dan menjalankan peran ibu atau istri dengan baik,’’ tuturnya. (mg3/c1/naz/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button