Magetan

SOP Belum Konkret, Pendakian Lawu Belum Dibuka

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Wisata pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu, Plaosan, Magetan, belum dibuka. Perhutani KPH Lawu Ds beralasan masih menunggu arahan Perhutani Jawa Timur dan surat edaran Bupati Suprawoto. Meskipun pemkab akan membuka objek wisata di kawasan Sarangan 22 Juni nanti. ‘’SOP (standard operating procedure, Red)-nya untuk para pendaki masih belum jelas,” kata Asisten Perhutani KPH Lawu Ds Marwoto Senin (15/6).

Marwoto mengatakan, SOP terperinci belum ada. Namun, secara umum diberlakukan pemeriksaan khusus bagi pendaki. Di antaranya, cek riwayat kesehatan, asal tempat tinggal, dan barang bawaan. ‘’Karena yang pendakian lewat Cemoro Kandang (Karanganyar) dan Candi Cetho juga masih belum ada rencana buka,’’ ungkapnya.

KPH Lawu Ds telah menerima sosialisasi kegiatan pariwisata di masa normal baru dari dinas pariwisata dan kebudayaan (disparbud). Konkretnya akan disinkronisasi ketentuan dari lembaga di atasnya. Di sisi lain, masih mempertimbangkan kondisi terkini pandemi. Sebagaimana langkah awal penutupan akhir Maret lalu. ‘’Karena belum kondusif, diperpanjang sampai April,’’ terangnya.

Marwoto menyebut, banyak warga luar daerah yang ingin mendaki dan nge-camp di masa transisi ini. Karena belum ada keputusan dibuka, mereka diminta kembali pulang. ‘’Meski sudah ada wacana new normal, tapi kan aturan jelasnya belum ada. Terlalu berisiko kalau dibuka,” pungkasnya. (fat/c1/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close