Pacitan

Solar Tak Terbeli Bukan karena Langka, tapi Faktor Cuaca

PACITAN, Radar Pacitan – Para nelayan Pacitan bisa menghela napas panjang. Kelangkaan bahan bakar minyak (BBM) jenis solar di sejumlah daerah di Jawa Timur tidak sampai merembet ke kabupaten paling selatan ini. Mereka masih bisa melaut karena stoknya di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan (SPBN) Tamperan masih aman. ‘’Masih ada sekitar 6 ribu liter,’’ kata Rifa Khoirudin, petugas SPBN Tamperan, Senin (18/11).

Rifa mengungkapkan, stok saat ini sisa pengiriman 8 ribu liter lima hari lalu. Cukup untuk memberangkatkan kapal besar. Kelangkaan tidak terjadi di tempatnya karena penjualan bahan bakar itu tidak sembarangan. Jumlah pembelian dibatasi maksimal 2 ribu liter untuk kapasitas kapal maksimal 30 gross tonage (GT). ‘’Melebihi itu, nelayan tidak boleh beli solar di sini,’’ ujarnya.

Dia mengklaim tidak ada dampak signifikan imbas kelangkaan. Solar tidak terbeli karena musim baratan. Ihwal pendistribusian juga masih lancar. Dua hari lagi masuk jadwal pengiriman. ‘’Belum tahu nanti dapat berapa. Biasanya sekali pengiriman itu delapan ribu liter solar,’’ sebutnya.

Mashudi, nelayan Tamperan, menyebut tidak ada nelayan yang melaut karena cuaca. Angin kencang dan cuaca tidak stabil mengakibatkan tangkapan minim. Banyak kapal besar yang berlabuh. ‘’Modal berangkat banyak, kalau tangkapan sedikit, lebih baik istirahat dulu,’’ katanya. (den/c1/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button