Ponorogo

Sofwan Wafat, Presiden Jokowi Ikut Berkabung

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Bumi Reyog kehilangan salah seorang putra terbaiknya. M. Sofwan Chudorie, anggota Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB) DPR RI periode 1999-2004, berpulang. Sofwan wafat Senin (4/11) sekitar pukul 00.45 di Malang.

Kepergian Sofwan untuk selamanya menyisakan bagi keluarga, kerabat, dan para koleganya. Pun, ucapan duka cita dan karangan bunga datang dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Almarhum dimakamkan di tanah kelahirannya Desa Ngunut, Babadan. ‘’Mohon dimaafkan segala khilafnya dan semoga diterima semua amal ibadahnya. Amin ya rabbal alamin,’’ ujar Ahmad Erani Yustika, putra Sofwan yang kini menjabat staf khusus presiden bidang ekonomi.

Sofwan cukup lama malang melintang di kancah perpolitikan Bumo Reyog. Mendiang menjadi anggota DPRD Ponorogo periode 1977-1982 dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Pada 1982-1987 Sofwan didapuk sebagai ketua DPRD setempat.

Sejak itu karir politiknya terus menanjak. Pada 1998-1999 Sofwan didaulat sebagai anggota MPR sebelum akhirnya duduk di kursi DPR sebagai anggota F-PKB periode 1999-2004.

Di media sosial, ucapan duka datang dari berbagai tokoh. Tak terkecuali Ketua DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar. Melalui akun resminya @cakimiNOW, dia menyampaikan rasa bela sungkawa. ‘’Innalillahi wainna ilaihi rojiun. Semoga khusnul qatimah. Pak Sofwan itu guru politik sekaligus orang tua saya yang senantiasa membimbing selama berjuang bersama di PKB,’’ tulisnya.

Bupati Ipong Muchlissoni merasakan duka yang mendalam. Menurutnya, Sofwan merupakan salah seorang putra terbaik yang pernah dimiliki Ponorogo. Almarhum, kata dia, berjuang di jalur dakwah, politik, dan pendidikan.

 ‘’Ketika saya jadi sekretaris PKB di Kaltim selama 10 tahun, beliau (Sofwan, Red) pengurus wilayah Jatim, serta pernah menjadi pengurus DPP dan anggota DPR RI,’’ ujarnya sembari menyebut almarhum merupakan sahabat karib ayahnya.

‘’Kami atas nama pemerintah dan masyarakat Ponorogo menyampaikan duka yang mendalam. Semoga jasa beliau tetap dikenang dan menjadi ladang amal bagi beliau,’’ imbuh Ipong. (naz/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button