Madiun

Soal Tiang di Jalan Kapuas, Harus Klir sebelum Pekerjaan Berakhir

Pekan Ini, Surat Pemindahan Tiang Dilayangkan

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Madiun memastikan keberadaan tiang listrik yang menjorok di tengah jalan membahayakan bagi pengguna jalan. Tiang itu terkesan menjorok setelah adanya pekerjaan pemasangan box culvert dan pelebaran Jalan Kapuas. ‘’Karena berada di tengah jalan,’’ kata Kepala Dishub Kota Madiun Ansar Rasidi.

Namun, dishub belum dapat berbuat banyak. Lantaran proses pekerjaan di titik tersebut masih berjalan. Kewenangan itu masih jadi tanggungan dinas pekerjaan umum dan tata ruang (DPUTR). ‘’Kalau sudah di luar pekerjaan, dishub akan koordinasi,’’ ujarnya.

Pada bagian lain, Kabid Bina Marga DPUTR Kota Madiun Thariq Megah menyatakan bahwa PT Rajawali Raya selaku pihak ketiga yang memenangkan tender paket pekerjaan itu telah memberikan tanggapan. Dipastikan, surat permohonan pemindahan tiang bakal dikirimkan ke PLN pekan ini. ‘’Kita tunggu jadwal pastinya,’’ tutur Thariq.

PT Rajawali Raya, lanjut Thariq, pasti memiliki alasan belum melakukan pemindahan tiang sampai sekarang. Proses itu baru dilakukan setelah pekerjaan terselesaikan. Kendati demikian, DPUTR tetap meminta rekanan melakukan pemindahan sebelum batas waktu akhir pekerjaan. Proyek Rp 10 miliar itu ditargetkan finis akhir Desember. ‘’Sebelum pekerjaan berakhir, sudah harus dipindahkan,’’ tegasnya.

Pemindahan tiang itu telah masuk dalam perencanaan paket pekerjaan di Jalan Kapuas dan Kampar dengan total panjang 1.050 meter. Sehingga pihak ketiga wajib memenuhi pekerjaan sesuai rencana. Seperti diketahui, belasan tiang listrik dan telepon itu masih menjorok ke tengah jalan. Diperkirakan setengah meter dari sisi paling luar trotoar. Dikarenakan jalan dilebarkan 0,5-1 meter. Sehingga lebar jalan yang semula empat meter berubah menjadi 4,5-5 meter. Pun, dibangun trotoar selebar 1,5-2,5 meter di atas box culvert kanan dan kiri jalan. ‘’Untuk Jalan Kampar panjangnya 580 meter dan Jalan Kapuas 470 meter,’’ sebutnya.

Humas PLN UP3 Madiun Bintara Toa Situmorang saat dihubungi Jawa Pos Radar Madiun Senin (11/11) menegaskan belum menerima surat permohonan terkait pemindahan tiang di Jalan Kapuas. ‘’Kalau belum ada surat, tidak bisa dipindahkan. Karena itu mekanisme dan aturannya,’’ tegas Bintara. (kid/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close