Ngawi

Soal Tambahan Anggaran Pilkada, Pemkab Ngawi Janji Cover Sisa Kekurangan

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – KPU Ngawi kini bisa bernapas lega meski pengajuan tambahan anggaran untuk kebutuhan pelaksanaan pilkada serentak lanjutan 2020 belum tercukupi. Setidaknya, pemkab telah berkomitmen men-support pelaksanaan pesta demokrasi tersebut.

Ketua KPU Ngawi Prima Aequina menyebut, pihaknya membutuhkan tambahan dana sedikitnya Rp 10 miliar. Anggaran sebesar itu untuk memenuhi kebutuhan pilkada dengan menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19. ‘’Kebutuhan itu (tambahan anggaran, Red) akan dipenuhi melalui APBN, selain dari optimalisasi anggaran yang sudah kami lakukan,’’ ujar Prima Minggu (28/6).

Saat ini, lanjut Prima, sudah ada tambahan anggaran dari pusat sebesar Rp 4,3 miliar. Sedangkan hasil optimalisasi dana yang dilakukan KPU setempat berhasil mendapatkan sekitar Rp 2 miliar. Itu berarti masih membutuhkan suntikan anggaran Rp 3,7 miliar. ‘’Sampai sekarang masih dapat informasi dari KPU RI apakah ada tambahan lagi atau tidak,’’ ujarnya.

Namun, pihaknya tidak khawatir. Pasalnya, pemkab setempat berjanji menanggung sisa kekurangannya jika kelak tidak ada tambahan anggaran lagi dari pusat. ‘’Kalau yang sudah jelas dibiayai pemkab itu kegiatan rapid test petugas penyelenggara. Sedangkan kebutuhan lainnya masih menunggu informasi dari pusat,’’ paparnya.

Dia menambahkan, tambahan anggaran sekitar Rp 10 miliar itu rencananya digunakan untuk pengadaan alat pelindung diri (APD) maupun kebutuhan lain yang berkaitan dengan protokol kesehatan. Selain itu, meng-cover biaya penambahan TPS yang membengkak serta kenaikan honor badan ad hoc. (tif/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
close