Advertorial

SMRC Sebut Kepercayaan Jokowi kepada Airlangga Menguat

JAKARTA, Jawa Pos Radar Madiun – Tingkat kepercayaan Joko Widodo kepada Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menguat. Hal itu disampaikan oleh Peneliti Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Saidiman Ahmad. Menurutnya, ada dua hal yang melatarbelakangi Jokowi percaya pada Airlangga.

Selain dianggap berprestasi, Jokowi terlihat nyaman bekerja sama dengan Airlangga. ‘’Jokowi terlihat sangat nyaman bekerja sama dengan Airlangga. Karena mereka memiliki visi yang relatif sama. Sejauh ini, visi presiden bisa diimplementasikan dengan cukup baik,’’ kata Saidiman di Jakarta, Rabu (11/8).

Dia mengungkapkan, Airlangga telah mampu menjalankan visi besar Jokowi. Terutama tentang mengakselerasi pembangunan ekonomi melalui penyederhanaan perizinan. Seperti peresmian online single submission (OSS) berbasis risiko yang mempermudah proses perizinan usaha. ‘’Ini sangat fundamental dalam pembangunan ekonomi Indonesia,’’ jelas Saidiman.

Pencapaian lainnya, lanjut Saidiman, Airlangga berperan mengeluarkan Indonesia dari resesi dampak pertumbuhan ekonomi kuartal II 2021 mencapai 7,07 persen. ‘’Jelas ini adalah prestasi tim pemulihan ekonomi di bawah kepemimpinan Airlangga Hartarto,’’ katanya.

Saidiman menambahkan kepercayaan lain Jokowi terhadap Airlangga adalah menyangkut soal status kepimpinan partai. Airlangga yang merupakan Ketum Partai Golkar dianggap mempunyai kekuatan untuk menggerakan massa di banyak daerah. Selain itu, dia berpendapat Golkar telah lama dikenal publik sebagai partai yang lincah dan piawai mendukung agenda-agenda kebijakan pemerintah di parlemen. ‘’Di bawah kepemimpinan Airlangga, partai besar ini (Golkar) terlihat sangat solid. Ini adalah modal politik yang sangat penting bagi presiden,’’ ungkapnya.

Oleh karena itu, kata Saidiman, kombinasi antara profesionalitas kerja Airlangga serta kekuatan politik besar dan solid di belakangnya menjadikan posisinya sulit tergantikan. Dilihat dari rekam jejak dan modal politik yang tersedia, Airlangga berpeluang mendapatkan dukungan politik langsung maupun tidak langsung dari Jokowi.

‘’Bagaimana pun, capaian pembangunan yang sudah ditorehkan oleh pemerintahan Jokowi perlu dilanjutkan. Airlangga Hartarto memiliki modal politik dan rekam jejak profesional yang sangat memadai untuk melanjutkan kerja-kerja Jokowi,’’ tutur Saidiman. (don/her/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button