Madiun

Skrining Ketat sebelum Masuk Area Kampus

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Seiring melandainya kurva kasus Covid-19, sejumlah perguruan tinggi di Kota Madiun mulai ancang-acang membuka gerbang kampus untuk mahasiswanya. Universitas PGRI Madiun (Unipma), misalnya, bakal memulai perkuliahan tatap muka terbatas pada 11 Oktober mendatang.

Rektor Unipma Prof Dr Parji mengatakan, perkuliahan tatap muka diprioritaskan bagi mahasiswa semester I dan III. Sejak terdaftar sebagai peserta didik perguruan tinggi tersebut, mereka belum pernah menjalani perkuliahan di kampus. ‘’Prioritas lainnya adalah mahasiswa semester akhir dan yang sedang mengikuti kuliah praktikum,’’ ujarnya, Kamis (30/9).

Parji menuturkan, pelaksanaan perkuliahan tatap muka terbatas itu tidak memandang daerah asal mahasiswa. Mereka yang berasal dari luar kota diperbolehkan ngampus dengan catatan sudah divaksin minimal dosis satu. ”Untuk yang belum tervaksin mohon maaf belum bisa kuliah tatap muka,” ucapnya.

Pihaknya bakal menerapkan skrining ketat. Kelak mahasiswa yang hendak masuk area kampus akan diperiksa petugas untuk memastikan sudah divaksin. Metode lain adalah menggunakan aplikasi PeduliLindungi dan kartu vaksin. ‘’Tentunya wajib menaati prokes dan tidak berkerumun. Begitu datang langsung masuk, kalau sudah selesai kuliah langsung pulang,” paparnya sembari menyebut kapasitas ruang kuliah kelak juga dibatasi 20 orang.

Persiapan perkuliahan tatap muka juga dilakukan Politeknik Negeri Madiun (PNM). Rencananya, proses pembelajaran langsung di kampus itu mulai digelar bulan depan. ‘’Sejauh ini hanya mata kuliah praktik yang sudah tatap muka terbatas,” kata Direktur PNM Muhamad Fajar Subkhan.

Terkait rencana perkuliahan tatap muka, pihaknya sudah menyebar angket tentang kesanggupan mahasiswa masuk kuliah. Hasilnya, 90 persen setuju. ‘’Hasil survei, 86 orang tua juga setuju (kuliah tatap muka),” ujarnya. (irs/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button