Advertorial

Sita Belasan Benda Terlarang Warga Binaan

Hasil Razia 21 Kamar Lapas Kelas II B Ngawi

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Sekadar iseng atau untuk kepentingan jahat? Petugas gabungan mengamankan enam jenis benda terlarang dari 21 kamar warga binaan pemasyarakatan (WBP) di lima blok Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Ngawi dalam razia Selasa (6/4).

Yakni, sembilan piring kaca, tiga korek gas, dan dua sendok besi. Juga masing-masing satu penggaris besi, potongan kuku, dan pencabut bulu. ‘’Termasuk benda terlarang karena bisa untuk senjata tajam,’’ kata Kasi Administrasi Keamanan dan Ketertiban Lapas Kelas II B Ngawi Darianto.

Darianto menyebut, benda tersebut hanya ada di ruang pelatihan membuat kerajinan. Sehingga WBP diduga membawanya ke dalam kamar. ‘’Karena di dalam kamar nyaris tidak ada benda dari besi. Lemarinya kayu, tempat dan sendok makan juga dari plastik,’’ terangnya.

Razia salah satu agenda menyambut Hari Pemasyarakatan Indonesia atau Hari Bhakti Pemasyarakatan (HBP) ke-57 pada 27 April nanti. Selain petugas lapas, kegiatan itu menggandeng polisi serta tim Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN). ‘’Kami tidak menemukan handphone atau narkotika di dalam kamar WBP,’’ ujarnya.

Darianto mengatakan, razia kamar WBP salah satu upaya menciptakan kondusivitas lingkungan lapas. Sebab, tidak menutup kemungkinan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. ‘’Kami perlu tetap waspada dengan menggelar razia bersama,’’ tuturnya.

Terhitung kemarin ada 424 WBP. Dua di antaranya terlibat tindak pidana terorisme. Keduanya ditempatkan di kamar terpisah dengan WBP lain. ‘’Kondisi lapas saat ini tetap kondusif dan aman,’’ ujarnya. (mg3/c1/cor/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button