Ngawi

Siswa Smada Berjaya di ASG, Raih Emas Pencak Silat Nomor Seni Tunggal Putra

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Indonesia meraih gelar juara umum ASEAN School Games (ASG) di Semarang, Jawa Tengah, 17-23 Juli lalu. Kontingen Merah Putih menjadi pengumpul medali terbanyak dari 10 negara Asia Tenggara yang berpartisipasi. Yakni, 43 emas, 34 perak, dan 25 perunggu.

Siapa sangka, satu dari 43 keping emas itu disumbangkan remaja asal Bumi Orek-Orek. Azharien Geofaninugroho, pelajar SMAN 2 (Smada), sukses meraih emas cabang olahraga (cabor) pencak silat nomor seni tunggal putra. Di final, dia berhasil mengungguli atlet Brunei Darussalam, Laos, Malaysia, dan Filipina. ‘’Kuncinya percaya diri,’’ ujar Azharien Senin (29/7).

Azharien mengenal jurus-jurus pencak silat sejak masih duduk di bangku SD. Berkat bakat besar dan keseriusannya berlatih, satu demi satu medali kejuaraan tingkat daerah hingga nasional berhasil dikoleksi warga Desa/Kecamatan Geneng itu. ‘’Kakak saya dulunya juga atlet. Saya banyak belajar darinya,’’ ungkap Azharien.

Capaian Azharien di ASG 2019 membuat Kepala Smada Ngawi Tribadi ikut angkat topi. Pun, dia berharap kiprah anak didiknya itu di cabor pencak silat berlanjut ke level yang lebih tinggi. ‘’Prestasi Azharien di ajang tingkat internasional tentu menjadi kebanggaan bagi saya dan keluarga besar Smada,’’ ucap Tribadi.

Moncernya prestasi Azharien tidak terlepas dari kebijakan pihak sekolah memberikan wadah bagi para siswa sesuai minat dan bakat masing-masing melalui kegiatan ekstrakurikuler. Itu pula yang dilakukan untuk anak didik yang menekuni beladiri jujitsu dan taekwondo itu hingga berhasil menyumbang emas pada Porprov Jatim lalu. ‘’Semua potensi siswa kita dukung,’’ tegasnya.

Kebanggaan juga dirasakan Warsidi, ayah Azharien. Dia berharap, raihan emas di ASG 2019 itu membuka jalan sang anak turun di ajang yang lebih besar seperti SEA Games dan kejuaraan dunia. ‘’Luar biasa bangganya,’’ ucap guru SMP 1 Geneng ini. (gen/c1/isd/adv/bar)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button