Madiun

Simulasi Kebakaran di Lapas Kelas I Madiun

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Insiden kebakaran di Lapas Kelas I Tangerang, Banten, masih menyisakan trauma. Tak ingin bernasib sama, Lapas Kelas I Madiun coba mengantisipasi. Satpol PP dan Damkar Kota Madiun didatangkan guna memberikan pelatihan dan simulasi penanganan kebakaran kepada petugas lapas Rabu (15/9).

Kepala Lapas Kelas I Madiun Asep Sutandar mengatakan, simulasi bertujuan agar petugas siap jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Petugas lapas dibekali pengetahuan penggunaan alat pemadam api ringan (APAR) sekaligus tata cara penanganan dan evakuasi korban kebakaran. ‘’Sebelum ada instruksi, kami inisiatif mengantisipasi. Apalagi lapas ini salah satu bangunan tua, peninggalan zaman kolonial,’’ kata Asep.

Saat ini, lanjut Asep, di lapas setempat terdapat 15 unit titik APAR yang tersebar di sejumlah titik dalam kondisi siap pakai. Antisipasi lainnya, petugas lapas rutin melakukan razia. Baik dalam blok maupun di sel. Razia digelar dua kali sepekan. Pun memastikan ada tidaknya jaringan listrik ilegal yang dibuat napi. ‘’Dengan simulasi, petugas semakin siap dan sigap. Ini penting karena ada ribuan nyawa di dalam lapas,’’ bebernya. (kid/c1/sat/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button