Advertorial

Simpel Jadi Solusi Jitu Atasi Kendala PJJ

Pemprov Sebut Karya Inovatif Unggulan Daerah

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Bupati Budi ’’Kanang’’ Sulistyono memiliki inovasi menarik terkait pemberlakuan pembelajaran jarak jauh (PJJ) bersamaan pandemi Covid-19 yang melanda sejak Maret lalu. Melalui Dinas Pendidikan (Dindik) Ngawi, Kanang meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pembelajaran (Simpel).

Aplikasi tersebut dibuat setelah Kanang menerima keluhan dari sebagian orang tua siswa yang kesulitan mengikuti PJJ melalui grup WhatsApp. ‘’Setiap guru memberikan tugas kepada anak-anak. Dampaknya, mereka bingung karena harus buka buku sendiri, baca sendiri, dan mengerjakan tugas sendiri,’’ ungkap Kepala Dindik Ngawi M. Taufiq Agus Susanto Senin (25/1).

Melalui aplikasi tersebut, guru dibuatkan kelas online untuk mengajar para siswanya. Materi pembelajarannya berupa video pembelajaran yang bisa diakses melalui digital library aplikasi. ‘’Guru memberikan link kepada siswa,’’ ujarnya.

Taufiq menjelaskan, video pembelajaran itu disusun oleh guru yang sudah menjalani pelatihan. Pun, dipastikan tidak mengandung unsur SARA, pornografi, dan konten negatif lainnya serta disesuaikan dengan kurikulum pembelajaran. ‘’Pemantik pembelajarannya video. Penjelasan lebih lanjut di Powerpoint dan detailnya di e-book,’’ terangnya.

Hingga saat ini lebih dari 1.500 media pembelajaran yang bisa diakses di aplikasi Simpel. Kelak juga bisa dimanfaatkan di semester berikutnya. Bahkan, menjadi pengantar pembelajaran tatap muka (PTM) saat pandemi berakhir. ‘’Aplikasi Simpel juga berfungsi sebagai bahan evaluasi kegiatan pembelajaran. Anak-anak mengerjakan soal dari guru dan nanti nilainya juga bisa diketahui,’’ paparnya.

Taufiq menambahkan, Kanang sempat mengajar melalui aplikasi tersebut saat launching 4 Agustus 2020 lalu. Aplikasi tersebut juga pernah diulas majalah Pemprov Jawa Timur sebagai inovasi unggulan daerah. ‘’Tapi, bagi kami yang terpenting anak-anak terpenuhi haknya mendapatkan pembelajaran,’’ pungkasnya. (odi/c1/isd/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button