Ponorogo

Sikapi Penangguhan, Jadwal Ulang Keberangkatan

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Pemberlakuan penutupan pintu ibadah haji dan umrah oleh Pemerintah Arab Saudi berdampak pada biro haji dan umrah di Bumi Reyog. Mereka perlu menjadwal ulang keberangkatan jamaah untuk menyesuaikan kebijakan tersebut.

Ketua Asbihu NU Ponorogo Sugeng A. Wahid mengungkapkan, sebanyak 33 jamaah yang berangkat lewat Umrah Bersama Kiai NU (Uskinu) sudah sampai Malaysia pada Kamis lalu (27/2). ‘’Jumat pagi (28/2) ke bandara Kuala Lumpur, sebagian jamaah sudah check in pesawat. Kemudian ada pembatalan keberangkatan. Akhirnya terbang kembali ke Bandara Juanda, Surabaya,’’ ceritanya.

Sugeng bakal menjadwal ulang pemberangkatan. Urusan akomodasi dapat ditoleransi oleh pihak biro perjalanan. Namun, untuk urusan visa, jika tidak digunakan maka hangus. ‘’Ini diharapkan bisa diurus kembali ketika akan berangkat nanti,’’ kata Sugeng.

Pimpinan PT Relasi Laksana Wisata Biro Umrah Muhammadiyah Kantor Perwakilan Ponorogo Novia Fitria juga akan tetap melayani yang telah mendaftar. Sejak kebijakan penangguhan pekan lalu, sampai kini belum ada tanda dari Pemerintah Arab Saudi akan membukanya kembali. ‘’Pertama yang akan kami lakukan adalah menenangkan jamaah. Walaupun ada penghentian di sana, mungkin hanya reskedul atau penjadwalan ulang,’’ kata dia.

Biro umrah yang dipimpin Novia pada bulan ini sedianya memberangkatkan satu rombongan. Setelah diberlakukan kebijakan tersebut, biro akan berkoordinasi lebih lanjut dengan pemerintah terkait kepastian kapan pintu ibadah haji dan umrah dibuka kembali. ‘’Tidak akan ditutup total. Dalam artian, hanya akan dijadwal ulang keberangkatannya,’’ ujarnya. (naz/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button