News

Sikap Yang Dimiliki Nabi Yakub Adalah

×

Sikap Yang Dimiliki Nabi Yakub Adalah

Share this article

Sikap Yang Dimiliki Nabi Yakub Adalah – Teladan Nabi Yaakub merupakan salah satu kisah nabi yang menginspirasi kehidupan umat Islam. Nabi Yakub merupakan salah satu dari 25 nabi yang wajib kita percayai.

Kisah nabi juga tertuang jelas dalam Al-Qur’an. Namun kisah nabi ini diidentikkan dengan kisah kakeknya, Nabi Ibrahim.

Sikap Yang Dimiliki Nabi Yakub Adalah

Perlu anda ketahui bahwa Nabi Yaqub adalah anak dari Nabi Ishaq. Sedangkan Nabi Ishaq sendiri merupakan anak Nabi Ibrahim.

Kisah Nabi Yusuf, Dibuang Ke Sumur Hingga Menjadi Penafsir Mimpi Raja

Dalam surat Shad al-Quran ayat 45-47 maknanya adalah “Dan ingatlah ketika hamba-hamba Kami Ibrahim, Ishaq dan Ya’qub mempunyai kekuatan dan ilmu yang besar. Sesungguhnya kita mensucikan mereka dengan memberikan anugerah berupa akhlak yang tinggi dan selalu mengingatkan manusia untuk mengingat akhirat. Sesungguhnya mereka bersama kita dan mereka termasuk orang-orang pilihan yang baik”.

Adapun salah satu putra Yakub yang paling mulia, terhormat dan mulia adalah Nabi Yusuf. Seperti kita ketahui Nabi Yusuf adalah nabi yang paling cantik.

Lebih tepatnya keteladanan Nabi Yakub adalah seorang ayah yang patut menjadi teladan. Karena Yakub bisa mendidik anak-anaknya dengan mengajarkan pendidikan yang baik.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Nabi Yakub merupakan cucu Ibrahim. Saat itu Sarah berumur 90 tahun dan Nabi Ibrahim berumur 120 tahun.

Masih Mau Putus Asa? — Ukm Asc

Dalam cerita itu pun, saudara kembar Yakub malah menaruh sifat tinggi dan sifat cemburu. Ishu mengira ibunya menunjukkan pilih kasih terhadap Yakub.

Kebencian semakin meningkat dari hari ke hari. Jacob pun berusaha meminta nasihat ayahnya untuk mencari solusi terbaik.

Inilah pula kisah teladan Nabi Yakub yang patut kita tiru. Meskipun kakaknya sendiri membencinya, dia tidak membalas kebenciannya.

Setelah mendengar keluh kesah anaknya, Ishaq menasihati dan menasihati Yakub untuk hijrah ke Fadan Aram di Irak.

Bahwa Diantara Sifat Orang Mulia Adalah Memaafkan Orang Lain Halaman All

Karena ini adalah tawaran yang diminta, Jacob akhirnya pergi. Di sana ia bertemu dengan saudara laki-laki ibunya yang bernama Laban.

Baca Juga  Buatlah Daftar Riwayat Hidup Berdasarkan Ilustrasi Diatas

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Nabi Yakub memiliki 12 orang anak. Nah, dari segi pendidikan, hal ini tersirat melalui teladan Nabi Yakub.

Jika kita juga menyimak kisah Nabi Yusuf, pasti kita akan paham bagaimana kisah Nabi Yusuf dan saudara-saudaranya. Mereka tidak saling memahami dan mengira bahwa ayahnya, Yakub, telah jatuh cinta kepada Yusuf.

Karena ingin menjadi ayah yang terbaik, tentunya Nabi Yakub melakukan hal-hal baik yang kelak menjadi teladan bagi anak-anaknya.

Sikap Terpuji Nabi Luth: Sadarkan Kaumnya Dari Perilaku Menyimpang

Apa yang dilakukan Jacob sebenarnya tidak memihak. Hanya kakak Yusuf yang menilai hal itu bias.

Ketika Yakub mendidik anaknya, ia memberikan pendidikan yang terbaik. Selalu memberikan nasehat ketika ada masalah, selalu mendoakan keberlangsungan hidupnya dan memaafkan jika melakukan kesalahan.

Ini adalah salah satu contoh nabi Yakub. Nabi Yaakub pun berpesan kepada anak-anaknya agar tetap berpegang teguh pada ajaran Islam dan selalu beribadah hanya kepada Allah SWT.

Ia pun menyemangati putranya untuk menjunjung agama Islam yang benar. Teladan Nabi Yakub yang satu ini tentunya patut diketahui oleh para orang tua milenial saat ini. (Muhafid/R6/HR-Online) Kisah Nabi Yaqub AS merupakan cerita anak muslim yang perlu diketahui oleh adik-adik. Dalam cerita anak islami kali ini kami akan menceritakan kisah Nabi Yaqub AS. Kisah Nabi Yaqub AS mengandung banyak hikmah yang bisa diambil oleh adik-adiknya. Mari kita lihat bersama

Keteguhan Tekad Nabi Zakaria

Nabi Yaqub adalah putra Nabi Ishaq. Dia tinggal bersama pamannya di Babel dan menikahi dua putri pamannya. Dia memiliki dua belas anak dari empat istri. Nabi Ya’qub berdakwah di wilayah Kanaan dan Syam. Dia meninggal di Hebron

Nabi Ishaq memiliki dua orang putra, Yaqub dan Ish. Kedua kakak beradik ini sering bertengkar. Melihat situasi tersebut, Nabi Ishaq dan istrinya (Rifqah) berencana memisahkan keduanya. Ibunya menasihati Yakub untuk mengunjungi pamannya yang bernama Laban. Pamannya tinggal di provinsi Babel, Irak. Yakub setuju.

Baca Juga  Karakteristik Bambu

Yakub berangkat ke Irak. Sesampainya di sana, dia disambut oleh pamannya. Laban mempunyai kepribadian yang sangat baik. Ia dikenal sebagai seorang taipan yang baik hati, suka menolong, dan murah hati. Lalu Yakub mengangkat Laban menjadi anak angkatnya, karena ia tidak mempunyai anak. Laban hanya mempunyai dua anak perempuan bernama Laiah dan Rahel.

Di bawah asuhan Laban, Yakub tumbuh menjadi pria yang baik, pekerja keras, dan tangkas. Kehadirannya di rumah Laban membuat seluruh penghuninya merasa senang. Setelah Yakub beranjak dewasa, ayah angkatnya ingin menempatkannya bersama Laya (anak pertamanya). Namun, Yakub lebih memilih Rahel.

Menjaga Amal Sholeh Kajian Masjid Agung

Akhirnya ayah angkatnya memutuskan agar Jacob menikah dengan Laia terlebih dahulu. Yakub diperbolehkan menikah dengan Rahel setelah tujuh tahun beternak kambing sebagai mahar. Yakub setuju.

Yakub pun menikah dengan Laya. Tujuh tahun kemudian, Yakub menikahi Rahel. Untuk meringankan beban kedua putranya, Laban mencarikan dua orang pembantu untuk mereka. Seseorang bernama Zulfa yang akan membantu Layya. Orang lain bernama Balhah akan membantu Rahiel.

Setelah beberapa lama bekerja sebagai budak, kedua istri Yakub memberikan kedua budak perempuannya sebagai istri kepada Yakub. Maka Yakub mengawini empat wanita.

Dari perkawinannya Yaqub mempunyai dua belas keturunan yang dikenal dengan sebutan al-asbat (anak/cucu). Dari pernikahannya dengan Laia, ia dikaruniai enam orang anak bernama Robel, Siam’un, Levi, Yahuza, Yasizar dan Zabulon (Robalen). Dari Rahel ia mempunyai dua anak laki-laki bernama Yusuf dan Benyamin. Oleh Balcha ia dikaruniai dua orang anak bernama Dan dan Naphtalia. Bersama Zulfa ia dikaruniai dua orang putra yakni Jad dan Asir.

Menanamkan Sikap Dan Nilai Nilai Kepahlawanan Dalam Diri Kita

Yaqub dikaruniai Allah karena mempunyai akhlak yang baik, murah hati dan suka menolong orang lain. Ia juga mempunyai ilmu yang tinggi sehingga menjadi orang terpilih yaitu menjadi nabi. Allah pun mengajarinya bagian dari tabir mimpi dan menyempurnakan nikmat-Nya kepada Ya’qub dan keluarganya.

Baca Juga  Contoh Teks Prosedur Membuat Kue

Yakub sangat senang dengan apa yang Tuhan katakan kepadanya. Allah kemudian menjadikan Ya’qub sebagai pemimpin yang berpesan kepada umatnya untuk selalu menaati perintah Allah dan berbuat baik.

Yakub memiliki kekuatan fisik dan daya tahan yang luar biasa. Ia juga mempunyai semangat dan pantang menyerah yang nantinya akan diwariskan kepada keturunannya yang disebut Bani Israel. Sebab Yakub sendiri sering dipanggil dengan nama Israel.

Allah mengangkat Yaqub sebagai nabi karena ia memiliki beberapa sifat, antara lain ilmu yang tinggi, akhlak yang baik, dan semangat yang kuat dalam berdakwah. Ketika diangkat menjadi nabi, Yakub menjadi nabi yang kaya raya dan tetap memiliki kepribadian yang baik serta ilmu yang tinggi. Keunggulan tersebut banyak digunakan untuk menyelesaikan permasalahan kemanusiaan, seperti memberikan bantuan kepada masyarakat yang terkena bencana, masyarakat miskin dan tertindas.

Soal Kisi Kisi Pat Pai Kls 2 Sem 2 2020 2021

Dalam dakwahnya Nabi Ya’qub selalu mengajak umatnya untuk berbuat baik, saling membantu, menunaikan shalat, membayar zakat dan selalu beribadah kepada Allah SWT.

Perbuatan mulia yang dilakukan Nabi Ya’qub jelas membangkitkan simpati orang-orang disekitarnya. Oleh karena itu, banyak yang ingin mengikuti ajakan beliau untuk berdakwah di jalan Allah.

Baca Cerita Anak Islami lainnya yang merupakan Cerita Anak Islami : Kisah Nabi Ishaq AS dan Cerita Anak Islami : Kisah Nabi Idris AS

Hak Cipta © 2023 Cerita Rakyat Nusantara | Koleksi Cerita Selamat Malam untuk Anak-Anak – Tema WordPress Ascension oleh GoDaddy

Kisah Kisah Dalam Al Quran

Kisa nabi yakub, cerita kisah nabi yakub, cerita nabi yakub, nabi yakub adalah utusan, mukjizat yang dimiliki nabi ibrahim adalah, sifat yang dimiliki oleh nabi daud adalah, sikap yang harus dimiliki seorang pemimpin, kisah nabi yakub lengkap, sikap ilmiah yang harus dimiliki seorang ilmuwan, sejarah nabi yakub, nabi yakub, kisah nabi yakub as