Magetan

Siapkan Rp 5,5 M Rehab Pasar Besar Magetan

Ditambah Eskalator, Proyek Dibagi Tiga Paket

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Wajah Pasar Baru Magetan (PBM) diperbarui. Disperindag secara bertahap melakukan perbaikan pasar tradisional itu. Proses rehab dimulai pada tahun ini setelah detail engineering design (DED) proyek tersebut selesai dibuat. Anggarannya diambil dari APBD sebesar Rp 5,5 miliar.

Kasi Sarpras Pasar Disperindag Magetan Darmadji mengatakan, rehab PBM dibagi dalam tiga paket kegiatan pada 2020. Meliputi pengadaan eskalator senilai Rp 1,5 miliar, perbaikan atap PBM Rp 1,6 miliar, dan penataan eksterior pasar sebesar Rp 2,4 miliar. ‘’Karena tiga paket kegiatan, otomatis tiga kali pelelangan,’’ katanya Selasa (3/3).

Proses rehab ditargetkan rampung Desember. Nanti PBM menjadi percontohan bagi pasar tradisional lain di Magetan. Meski berkonsep tradisional, pelayanannya setaraf dengan pasar modern. Sebab, selain perbaikan bangunan, pasar akan dilengkapi tangga berjalan. ‘’Itu untuk memudahkan akses para pengunjung,’’ ujar Darmadji.

Yang jelas, proses rehab PBM dilakukan bertahap. Karena alokasi anggarannya terbatas. Dengan demikian, ada kegiatan yang sebelumnya telah direncanakan tapi belum dapat terealisasi tahun ini. Seperti pembongkaran pagar pasar yang mesti tertunda. ‘’Ke depan akan dianggarkan lagi,’’ tuturnya.

Sebenarnya, kata Darmadji, bukan hanya disperindag yang terlibat dalam proyek rehabilitasi PBM. Ada organisasi perangkat daerah (OPD) lainnya yang ikut berperan. Di antaranya, DPMPTSP, dishub, DPUPR, dan disparbud. ‘’Sejumlah OPD itu mempunyai kewenangan masing-masing dalam proyek ini. Jadi, tidak hanya satu sisi di kami,’’ katanya. (bel/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button