Magetan

Siapkan Penyambutan Khusus 755 PMI Pulang ke Magetan

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – 755 pekerja migran Indonesia (PMI) asal Magetan bakal mendapat penyambutan khusus setibanya di tanah air. Sejumlah prosedur harus dilalui para PMI sebelum bisa pulang ke rumah masing-masing di Magetan. ‘’Ini diperlukan untuk mengantisipasi potensi persebaran Covid-19,’’ kata Bupati Suprawoto Selasa (26/4).

Kang Woto –sapaan bupati- kemarin memimpin rapat bersama Satgas Penanganan Covid-19 membahas kepulangan 755 PMI ke Magetan. Wakil Rektor Bidang Riset Universitas Airlangga Ni Nyoman Tri Puspaningsih dan Forkopimda Jatim turut memberi masukan secara virtual.

Informasi yang diterima pemkab, gelombang kepulangan ratusan PMI itu akan dimulai dalam waktu dekat. Mayoritas berasal dari Taiwan, Hongkong, dan Malaysia. ‘’Harus pulang karena kontrak kerja mereka habis,’’ ujarnya.

Sejatinya para PMI diminta menjalani tes swab di negara asal. Namun, hasil tes itu tidak berlaku di Indonesia. Sehingga, harus menjalani tes swab ulang. Setibanya di Surabaya, PMI wajib menjalani isolasi selama dua hari di Asrama Haji Sukolilo dan tes swab ulang. ‘’Jika hasilnya negatif, baru akan dijemput pulang ke Magetan,’’ terang bupati.

Di Magetan para PMI kembali menjalani isolasi selama tiga hari. Bila perlu, bakal ada tes swab ulang. Jika hasilnya negatif baru boleh pulang ke rumah masing-masing. Pemkab juga akan mempersiapkan anggaran serta sarana-prasarana yang diperlukan. ‘’Tapi, jika positif akan diarahkan ke fasilitas kesehatan untuk menjalani isolasi dan perawatan,’’ jelasnya. (fat/c1/naz)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button