Ponorogo

Siapkan Mutasi, Baperjakat Pemkab Ponorogo Isyaratkan Assessment Lagi

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) Pemkab Ponorogo mengisyaratkan sejumlah pejabat agar mengikuti assessment. Itu untuk menyambut rencana mutasi akhir bulan ini. ‘’Khusus untuk pejabat yang menduduki jabatannya lebih dari dua tahun,’’ kata Ketua Baperjakat Agus Pramono Senin (16/12).

Menurut Agus, assessment merupakan bagian dari evaluasi personalia pemkab. Umumnya, menggandeng badan pendidikan dan pelatihan (diklat) kepegawaian atau perguruan tinggi. Dari hasil assessment, pihaknya bisa memperoleh gambaran profil personel PNS.

Mulai dari visinya hingga kreativitas yang mampu menunjang produktivitas kerja. Bagi kepala organisasi perangkat daerah (OPD) assessment penting untuk mengetahui kelayakan sebagai leader. ‘’Prosesnya tidak lama. Hasil assessment ini penting sebagai masukan kepada bupati untuk memutuskan,’’ jelas sekdakab Ponorogo ini.

Menyusul rencana perampingan struktur organisasi dan tata kerja (SOTK) pemkab, akan ada enam OPD yang digabung jadi tiga. Dinas pemuda dan olahraga (dispora) digabung dengan dinas pariwisata (dispar) beserta bidang kebudayaan.

Dinas perumahan dan kawasan permukiman (disperkim) digabung dengan dinas pekerjaan umum dan penataan ruang (DPUPR). Dinas ketahanan pangan (DKP) dengan dinas pertanian (disperta). ‘’Sekitar enam orang eselon II-b memenuhi assessment,’’ ujarnya.

Saat ini, sejumlah posisi kepala OPD dijabat pelaksana tugas (Plt). Salah satunya kepala dinas kependudukan dan pencatatan sipil (dispendukcapil) yang pengisian harus mendapat persetujuan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). ‘’Prinsipnya, kami siapkan berbagai masukan untuk bupati dalam memutuskan mutasi nanti,’’ ungkap Agus. (naz/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button