Pacitan

Setelah UNBK Digelar Terakhir 2020 Nanti

Alih Fungsikan Komputer Sekolah

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2020 dipastikan yang terakhir. Menyusul kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang menghapusnya mulai 2021 nanti. Dampaknya, sarana prasarana penunjang ujian, khususnya komputer, bakal beralih fungsi.

Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Pacitan Daryono mengatakan, setelah 2020, ratusan unit komputer tak lagi dibutuhkan untuk UNBK. Meski begitu, peranti elektronik tersebut tetap akan dimanfaatkan untuk media pembelajaran di sekolah. Khususnya informasi dan teknologi (IT) yang berkembang pesat.

Daryono berharap satu siswa bisa mengoperasikan satu unit komputer untuk pembelajaran tersebut. Meski saat ini jumlahnya jauh dari kata cukup. ‘’Komputer tak hanya digunakan ujian nasional, untuk media pembelajaran juga bisa,’’ katanya Kamis (19/12).

Menurut dia, tidak semua sekolah memiliki unit komputer yang memadai.  Saat UNBK harus numpang ke sekolah lain. Sehingga, pelaksanaan ujian berlangsung dua hingga tiga sesi. Kondisi tersebut juga akan terjadi pada UNBK 2020 mendatang.

Meski begitu, tahun ini pengadaan komputer tetap dilanjutkan. Rencananya, tahun depan pihaknya bakal mendapat sekitar 100 unit komputer dari pengadaan yang dibiayai dana alokasi khusus (DAK). ‘’DAK itu dari pusat, kalau APBD belum menganggarkan pengadaan komputer,’’ ujarnya.

Ratusan komputer tersebut bakal disebar di beberapa sekolah. Khususnya, yang menggelar ujian tiga sesi. Dia berharap sesi ujian bisa dipangkas dua atau satu sesi sehari. ‘’Nanti akan kami lihat sekolah yang kekurangan sarpras untuk mendapat komputer itu,’’ tuturnya.

Daryono berharap sekolah dan siswa menyikapi kebijakan tersebut secara positif. Pun tak menganggap enteng UNBK terakhir nanti. Harus mempersiapkan menghadapi ujian dengan sungguh-sungguh. ‘’Serius dan rajin belajar. Itu kunci utamanya, jangan sampai terlena,’’ pesannya. (gen/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close