Ponorogo

SETAPAK PANORAMA PUDAK

Pembangunan Kawasan Perdesaan Terpadu

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Desa-desa di Kecamatan Pudak akan menjadi percontohan pembangunan di tahun depan. Seiring ditetapkannya Ponorogo sebagai satu dari sepuluh daerah yang akan menyelenggarakan pembangunan kawasan perdesaan terpadu. Bahkan, satu-satunya daerah di Jatim yang dipercaya Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT) untuk menjalankan pembangunan kawasan perdesaan terpadu. ‘’Model pembangunan ke depan adalah kawasan dan ini akan terus berkembang,’’ kata Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar dalam rapat koordinasi nasional terkait pembangunan kawasan perdesaan di Jakarta Selasa (3/12).

Pembangunan kawasan perdesaan terpadu merupakan program baru yang digagas oleh Kemendesa PDTT. Dalam rakornas tersebut, Abdul juga menyerahkan sepuluh dokumen rencana pembangunan kawasan perdesaan (RPKP) kepada Bupati Ipong Muchlissoni. RKPP tersebut merupakan hasil fasilitasi penyusunan masterplan pembangunan desa di Ponorogo tahun depan. Salah satu fokus RPKP berada di Kecamatan Pudak.

Abdul menjelaskan, kawasan perdesaan didefinisikan sebagai kawasan desa yang kegiatan utama warganya bergerak di sektor pertanian serta pengelolaan berbagai sumber daya alam (SDA) yang ada. Susunan fungsinya harus meliputi tempat permukiman perdesaan, pelayanan jasa pemerintahan, pelayanan sosial, serta kegiatan ekonomi. ‘’Tujuan utama pembangunan kawasan perdesaan adalah akselerasi pembangunan di desa. Serta meningkatkan skala ekonomi dengan membangun kerja sama antardesa,’’ paparnya.

Menurut Abdul, membangun kawasan tidak sekadar bicara soal kewilayahan. Namun, bagaimana membangun jaringan kerja sama antardesa. Salah satu harapannya bisa meningkatkan nilai tambah dari komoditas yang dihasilkan kawasan perdesaan tersebut. ‘’Ini bagian dari upaya kami memeratakan kue pembangunan,’’ ujarnya.

Bupati Ipong Muchlissoni yang kemarin menerima dokumen RPKP itu sangat mengapresiasi keputusan Kemendesa PDTT. Ipong optimistis, dengan digenggamnya RPKP yang sudah difasilitasi para ahli di kementerian, bisa semakin mempercepat pembangunan di desa-desa. ‘’Ini sangat bermanfaat untuk mempercepat pembangunan desa. Kami akan langsung adakan rapat dengan dinas-dinas terkait agar pembangunan kawasan perdesaan, khususnya di Pudak, bisa dilaksanakan sesuai RPKP,’’ tuturnya. (naz/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button