NgawiPendidikan

Server Sempat Bermasalah Saat PPDB SMAN/SMKN Ngawi

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Penerimaan peserta didik baru (PPDB) tingkat SMAN/SMKN tahun ini patut dijadikan bahan evaluasi. Pasalnya, selama proses pendaftaran beberapa hari lalu diwarnai sejumlah persoalan. Mulai calon siswa kesulitan login, server eror, hingga terlambat mengambil PIN.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Ngawi Supardi mengatakan, kesulitan login itu umumnya akibat kesalahan memasukkan password yang disesuaikan dengan tanggal lahir. ‘’Ada yang antara tanggal lahir dan tahunnya terbalik, ada juga yang tanggal lahirnya ternyata tidak sesuai ijazah,’’ ungkapnya Minggu (28/6).

Kendala lain, kegagalan operator calon siswa saat hendak melakukan validasi. Itu lantaran sedang ada perbaikan sistem dari server sehingga web pendaftaran tidak stabil. ‘’Tapi, akhirnya bisa teratasi. Sebenarnya bisa dengan menghubungi petugas melalui aplikasi chatting, tapi banyak yang memilih datang langsung ke kantor,’’ bebernya.

Dia menambahkan, ada tiga calon siswa yang dipastikan gagal masuk SMAN/SMKN. Pasalnya, mereka terlambat mengambil PIN. ‘’Itu murni faktor keteledoran mereka. Kalau sudah seperti itu kami tidak dapat mengusahakan apa pun,’’ ujarnya.

Permasalahan lain, kata dia, calon siswa berniat pindah saat pengumuman hasil PPDB sudah keluar. ‘’Itu bisa karena orang tua tidak mendampingi, atau pendaftar tidak mempertimbangkan pilihan kedua dan ketiga,’’ pungkasnya. (mg1/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button