Pacitan

Sering Kebanjiran, Puskesmas Kebonagung Direlokasi, Anggarannya Fantastis

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Ancaman banjir selalu menghantui layanan kesehatan di Puskesmas Kebonagung ketika musim hujan. Berkaca dari kondisi tersebut, pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Pacitan berencana memboyong fasilitas kesehatan di kecamatan itu.

Puskesmas baru akan dibangun tak jauh dari lokasi, sekitar 800 meter ke timur Dusun Bulu di desa setempat. Lokasi lahan di tepi Jalur Lintas Selatan (JLS) digadang aman dari banjir. ‘’Sudah tiga tahun ini Puskesmas Kebonagung selalu kebanjiran saat diguyur hujan lebat,’’ kata Kabid Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan (PSDK) Dinkes Pacitan Baskoro Catur Raharjo, Kamis (1/7).

Lokasi baru itu, sebut Catur, juga dekat dengan Polsek Kebonagung. Sehingga keamanan lingkungannya lebih terjamin. Pembangunan puskesmas baru digelontor Rp 6,8 miliar. Meski tak sedikit, dana yang dialokasikan disebut tak mampu men-cover seluruh sarana dan prasarana yang ada. ‘’Tahun ini baru membangun pelayanan rawat jalan dan kantor puskesmasnya. Pembangunan rawat inapnya diajukan tahun depan. Jadi, sementara pakai bangunan yang lama,’’ terang Catur. (gen/c1/fin/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button