Pacitan

Sepekan Terpasang, Pelican Crossing Belum Difungsikan

Bantuan Pemprov, Dishub Pacitan Akan Ajukan Lagi

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Penyeberang jalan di depan SMPN 1 Pacitan bakal lebih mudah. Itu setelah dinas perhubungan (dishub) setempat memasang pelican crossing di titik tersebut. Meski belum difungsikan, keberadaan alat tersebut disambut antusias. ‘’Seharusnya segera difungsikan,’’ kata Susanti, salah seorang wali murid SMPN 1 Pacitan, Jumat (17/1).

Sejatinya, lampu lalu lintas penyeberangan yang dilengkapi suara mirip burung pelikan itu sudah berdiri seminggu lalu. Dia berharap segera difungsikan dan disosialisasikan. Mengingat Jalan Jendral A Yani termasuk kawasan padat lalu lintas. ‘’Kalau tidak disosialisasikan khawatir lampu menyala merah dan terdengar suara tapi tetap diterobos,’’ ujarnya.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Pacitan Wasi Prayitno mengungkapkan, keberadaan pelican crossing sengaja dipasang di titik tersebut. Alasannya, ramai pelajar yang menyeberang pada jam masuk dan pulang sekolah. Dia berjanji akan segera memfungsikan dalam waktu dekat. ‘’Tunggu saja. Sebentar lagi difungsikan,’’ janjinya.

Wasi menerangkan, alat tersebut merupakan bantuan dari Pemprov Jatim. Pacitan baru mendapat satu unit. Rencananya, pihaknya akan mengajukan lagi alat yang sama ke Dishub Jawa Timur. Apalagi tak sedikit sekolah di tepi jalur utama jalan provinsi. ‘’Akan kami ajukan lagi. Semoga dapat bantuan lagi,’’ ucapnya.

Wasi berharap keberadaan alat penyeberangan tersebut bakal mempermudah masyarakat. Sebab, untuk menghentikan kendaraan yang melaju, cukup menekan tombol dan otomatis lampu warna merah menyala. Disertai suara nyaring mirip burung pelikan. ‘’Optimistis bakal berfungsi dengan baik, dan tidak diabaikan pengguna jalan,’’ yakinnya. (gen/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close