Magetan

Separo Dana BOS untuk Bayar Honorer

Belum Punya NUPTK Tetap Dapat

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Perubahan kebijakan penyaluran dana bantuan operasional sekolah (BOS) memberikan angin segar bagi para tenaga honorer di Magetan. Karena alokasi dana tersebut separonya bisa digunakan untuk membayar guru tidak tetap (GTT). ‘’Maksimal 60 persen sesuai kondisi BOS,’’ kata Kepala Disdikpora Magetan Suwata Kamis (20/8).

Selama masa relaksasi pandemi Covid-19, Kemendikbud memang memberikan kelonggaran bagi sekolah menggunakan dana BOS yang mereka peroleh untuk membayar honor GTT. Baik yang sudah maupun belum mempunyai NUPTK.

Namun, Suwata tetap mengingatkan kepala sekolah untuk hati-hati dalam menggunakan dana BOS. Karena pemakaian dana tersebut berkaitan juga dengan operasional sekolah selama satu tahun pelajaran. Sehingga, besaran honor yang diberikan kepada para GTT bergantung pada alokasi BOS. ‘’Pada dasarnya tenaga honorer tidak bisa hanya mengandalkan sebagian dana BOS,’’ terangnya.

Suwata mengungkapkan, sebenarnya pemkab telah membantu pendapatan GTT yang terdaftar sebelum tahun 2010 dengan memberikan uang transpor bulanan. Antara lain, Rp 800 ribu bagi honorer K-2, dan Rp 250 ribu untuk honorer non–K-2. ‘’Ada sebagian GTT yang juga mendapat bantuan dari provinsi,’’ ujar mantan kepala diskominfo itu. (bel/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close