Pacitan

Sepanjang Juni Pacitan Diguncang Gempa 17 Kali

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Pacitan merupakan salah satu daerah yang masuk kategori zona merah untuk bencana gempa bumi. Bahkan, 24 desa yang berada di kawasan pesisir pantai selatan berpotensi terdampak gelombang tsunami apabila ada gempa berkekuatan besar.

Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Pacitan Diannitta Agustinawati mengatakan, sepanjang bulan ini telah terjadi 17 kali gempa yang berpusat di laut Pacitan. Rata-rata kekuatan gempa antara 3–5 skala Richter (SR). ‘’Paling besar pada 22 Juni lalu. Kekuatan guncangannya 5,1 SR,’’ katanya Rabu (8/7).

Berdasarkan rentetan kejadian tersebut, perlu dilakukan pemetaan sesar Grindulu. Hal itu berkaitan dengan kepentingan mitigasi. ‘’Sesar Grindulu mempunyai panjang sekitar 33 kilometer membentang dari Pancer Door sampai wilayah utara atau ke arah Tegalombo,’’ terang Diannita.

Sekalipun belum ada pemetaan secara mendetail, dia berharap masyarakat mewaspadai kemungkinan terjadinya gempa besar. Beberapa papan tanda jalur evakuasi sudah dipasang oleh BPBD untuk proses mitigasi. ‘’Yang paling penting warga tanggap evakuasi. Jadi, setelah merasakan (guncangan) gempa dan disusul dengan peringatan tsunami, segera evakuasi ke lokasi yang aman,’’ jelasnya. (mg2/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
               
         
close