Pacitan

Sepak Bola Api, Cristiano Ronaldo-Lionel Messi Mana Berani?

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Aksi gocek bola Lionel Messi maupun Cristiano Ronaldo memang tiada duanya. Akan tetapi, kedua pesebak bola dunia itu apa berani bermain bola ala remaja di Tremas, Pacitan?

Baru-baru ini, tradisi bermain bola api berjuluk brojo geni di Kecamatan Arjosari dianugerahi warisan budaya tak benda (WBTB). Anugerah serupa turut disematkan untuk Badut Sinampurno dari Tegalombo dan tetaken dari Mantren, Kebonagung.

Brojo geni rutin dihelat Pondok Pesantren Tremas menyambut malam tahun baru Islam. Sepak bola yang menghitamkan betis hingga telapak kaki itu turun-temurun dimainkan kalangan santri. ‘’Tetaken juga masih digelar, wayang beber dan kethek ogleng kita juga mendunia,’’ kata Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Pacitan Daryono, Minggu (22/8).

Daryono meyakini tiga tradisi itu tetap lestari hingga generasi mendatang. Terbukti dengan rutinnya perhelatan setiap tahunnya. Tak sedikit anak muda yang turut mempelajari dan melakoninya dengan sukacita. ‘’Tetap ada yang meneruskan, event-nya juga masih eksis,’’ ujarnya. (gen/c1/fin/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button