Magetan

Seniman Ludruk Desak Gelar Pertunjukan

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Hampir setengah tahun para seniman ludruk puasa pentas akibat pagebluk Covid-19. Mereka rindu mementaskan lakon dan melontarkan dagelan untuk mengocok perut para penonton. ‘’Penjual jasa seperti kami betul-betul merasakan dampak dari pandemi korona,’’ kata Eka Sanjaya, salah seorang seniman ludruk, Rabu (2/6).

Sebelumnya pada Selasa (1/6) lalu para seniman ludruk yang biasa pentas di Tunggur, Lembeyan, mendatangi Mapolsek Lembeyan. Mereka menanyakan perizinan untuk dapat menggelar pementasan kembali. Eka mengklaim pihaknya telah berkoordinasi dengan Satgas Penanganan Covid-19 di Tunggur. ‘’Kami lalu diarahkan koordinasi dengan satgas kecamatan,’’ ujarnya.

Delapan bulan lalu, para seniman ludruk memindahkan tempat pertunjukan mereka dari lokasi lama di perbatasan Magetan-Ponorogo ke Lapangan Tunggur. Di sana mereka mendirikan panggung sederhana. Kursi penonton diatur berjarak demi taat protokol kesehatan. ‘’Sayangnya di akhir Desember kami diminta istirahat kembali,’’ ungkap Eka. (fat/naz/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button