Madiun

Senam Yoga dengan Nuansa HUT ke-76 RI

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Pemandangan menarik terlihat di Taman Lalu lintas Bantaran Kali Madiun kemarin pagi (17/8). Sekitar 30 warga mengikuti senam yoga di fasilitas publik tersebut. Uniknya, senam itu diwarnai nuansa heroik seiring momen HUT Ke-76 RI.

Aksi senam yoga bersama itu diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian, peserta melakukan bhastrika pranayama, teknik pernapasan yang dipercaya dapat melancarkan peredaran darah. ”Diiringi yel-yel merdeka semangat, merdeka semangat,” kata Ayon Mulyono, seorang praktisi yoga yang memimpin kegiatan.

Setelah itu, para yogis –sebutan untuk peserta yoga- serempak melakukan gerakan asana diiringi lagu Indonesia Pusaka. Lalu, meditasi pranayama dirga sambil memperagakan gerakan tertentu dan menyanyikan lagu Rayuan Pulau Kelapa. ‘’Sebenarnya ini melawan mazhab yoga. Tapi, bagi kami yoga juga bisa bersifat dinamis,” ujarnya.

Di saat para peserta yang kompak tampil dengan outfit merah putih itu semakin on, yoga dilanjutkan dengan memperagakan gerakan sirsasana dengan posisi melawan gravitasi. Pun, sambil bersenandung pelan. ”Semua menerapkan prokes (protokol kesehatan, Red). Masing-masing juga bawa alat sendiri,” tuturnya. (irs/tr1/tr2/c1/isd/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button