News

Senam Ketangkasan Disebut Juga Senam

×

Senam Ketangkasan Disebut Juga Senam

Share this article

Senam Ketangkasan Disebut Juga Senam – Senam merupakan salah satu bentuk olah raga dalam dunia olahraga. Bahkan kini menjadi salah satu topik pembelajaran yang terdapat dalam pelajaran olahraga di sekolah. Oleh karena itu, perlu dipahami pengertian singkat dan gerakan-gerakan yang dilakukan dalam pembelajaran ini.

Sesuai dengan namanya, gerakan dan jenis olahraga dilakukan di lantai. Dalam hal ini, lantai yang bersangkutan ditutup dengan matras atau matras.

Senam Ketangkasan Disebut Juga Senam

Terdapat laporan dari tulisan Fis Andriyani dalam bukunya yang berjudul Dr. Pelajaran Penjelasan Olah Raga, olah raga di lapangan bisa juga disebut olah raga bebas. Karena dalam pembelajaran ini tidak menggunakan benda atau alat untuk latihan. Misalnya tidak menggunakan balok, tongkat, dan sebagainya.

Senam Irama: Pengertian, Sejarah, Manfaat, Unsur Unsur, Jenisnya

Di Indonesia sendiri, senam telah dikenal sejak tahun 1963 pada pertemuan Ganefo I di Jakarta. Dahulu masyarakat Indonesia mengenal ilmu bela diri asli yang diperkenalkan pada masa penjajahan Jepang yaitu Taiso.

Dikutip dari buku Materi Aja Mobile Learning Senam Lantai karya Dr. Sapto Adi, M.Kes, Abi Fajar Fathoni, S.Pd., MPPd Latihan lantai terdiri dari berguling, melompat, melompat, memutar udara, menopang tangan atau kaki untuk mendapatkan posisi atau waktu yang tepat menahan dan melompat maju atau mundur.

Gerakan memutar ke depan dilakukan dengan menggunakan bagian belakang tubuh bagian atas (leher, punggung, pinggang, dan panggul belakang). Latihan selanjutnya dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu rotasi ke depan dengan berdiri dan jongkok.

Diawali dengan posisi cacing, kedua kaki rapat, mendekatkan lutut ke dada, dan kedua tangan bertumpu di depan jari tangan sekitar 40 cm.

Pengertian Senam Ketangkasan Dalam Olahraga

Terus bergulir. Saat pinggul menyentuh matras, pegang tulang kering dengan kedua tangan dalam posisi jongkok.

Back-roll memutar badan ke belakang dengan posisi badan membulat, yaitu kaki dilipat, lutut disambung ke dada, kepala diturunkan hingga anggota badan disambung ke dada.

Gerakan elastic twist merupakan gerakan tubuh memutar ke atas dan ke depan yang menghasilkan dua kali lemparan kaki dan dua kali push up. Latihan gerakan elastis ini dibagi menjadi dua bagian berdasarkan tumpuannya, yaitu bertumpu pada leher dan kepala.

Kayang merupakan salah satu senam lantai yang paling populer. Posisi kaki pada empat titik dengan metode rotasi adalah meregangkan dan mengangkat perut dan panggul.

Contoh Kombinasi Gerakan Dengan Bantuan Alat, Materi Penjasorkes Kelas 3 Sd

Berdiri di atas tangan dengan siku terentang di kedua tangan adalah posisi lurus. Yang perlu diperhatikan saat melakukan handstand adalah harus dilakukan pada platform atau alas yang keras, seperti lantai, untuk menjamin keseimbangan.

Baca Juga  Tuliskan Tiga Keragaman Kegemaran Yang Kamu Ketahui

Headstand adalah posisi tegak dengan kepala bertumpu pada tangan dengan siku dan telapak tangan sebagai penyangga. Seperti halnya handuk tangan, langkah juga harus dilakukan langsung pada platform atau alas yang keras.

Teknik lompat jongkok hampir sama dengan teknik lompat. Karena langkah latihannya sama yaitu memulai, mendorong, melewati jump box dan mendarat.

Putar badan dari posisi menyamping dan fokuskan gerakan pada kaki dan lengan. Latihan meroda bisa dilakukan secara bertahap yaitu dari melakukan satu gerakan meroda, jika dirasa nyaman bisa ditingkatkan menjadi beberapa gerakan :, Jakarta – Ada banyak jenis olahraga yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jasmani, dan salah satunya itu. keberanian olahraga.

Senam Lantai: Pengertian, Sejarah, Dan Gerakan

Kelompok yang terlibat dalam aerobik membantu mengembangkan kelompok otot lengan, kaki, bahu, punggung, dada dan perut.

Senam ritmik dapat dilakukan dengan menggunakan banyak metode, seperti metode single bar, parallel bar, multiple bar, saddle horse, dan ring.

Setelah Anda mengetahui sedikit pembahasan mengenai olahraga, Anda bisa membaca informasi selengkapnya di bawah ini, seperti yang disebutkan dari situsnya

Setelah melakukan latihan fisik, Anda akan merasa bugar, baru, lemah dan lemah, serta penampilan Anda akan lebih baik. Usahakan untuk berolahraga secara teratur dan teratur.

Senam Lantai Disebut Juga Senam |

Jika Anda rutin melakukan olahraga fisik, maka tubuh Anda akan lebih bugar, karena banyak olahraga yang mampu membakar lemak dalam tubuh.

Manfaat lain dari latihan kekuatan adalah membuat tubuh menjadi lebih sehat. Saat berolahraga, tubuh akan mengeluarkan keringat sehingga daya tahan tubuh pun meningkat.

Senam tanpa alat merupakan olah raga yang dilakukan tanpa menggunakan alat apapun atau dilakukan melalui olah raga saja.

Jenis olahraga selanjutnya adalah olahraga yang dilakukan dengan menggunakan dukungan peralatan yang digunakan. Senam adalah suatu olahraga dengan peralatan, misalnya senam yang menggunakan langkah lompat sebagai penunjang.

E Book_ahmad Hafidh T_dasar

Rotasi adalah gerakan tubuh seperti roda dengan cara menggelindingkannya ke samping. Gerakan meroda dapat dilakukan dengan menggunakan kaki dan tangan secara bergantian.

Gerakan memutar selanjutnya adalah gerakan memutar yang dimulai dari tengkuk, punggung, pinggang, dan terakhir panggul bagian belakang.

Spinning merupakan gerakan berurutan yang dimulai dari pinggul, pinggang belakang, punggung, kepala belakang, dan terakhir kedua kaki.

Gerakan melompat merupakan gerakan yang mirip dengan melompati suatu rintangan. Saat tubuh melayang di udara, lengan direntangkan. Sesuaikan kedua kakinya agar dapat melewati sisi kanan dan kiri jump box.

Tolong Bantu Jawab Kakak‚Äč

Lompat jongkok dan lompat jack memiliki manfaat yang sama. Bedanya, melompat hanya mengubah pergerakan kaki dari posisi lurus ke posisi merangkak.

Erick Thohir Benarkan Tawaran Indonesia-Singapura Untuk Piala Dunia U-20 2025 dan Piala Dunia U-17 2025-2029

Baca Juga  Kamu Mau Nggak Jadi Pacar Aku

Momen Lucu dan Mengejutkan Timnas U-17 Jerman Saat Juara Piala Dunia di Indonesia: Trik Ajaib Kiper untuk Perayaan Promosi

Hasil PLN Mobile Proliga 2023 Hari Ini: Firma Fastron Pertamina Jakarta di Puncak, Tuan Rumah BJB Tandamata Libas Bandung

Senam Lantai: Pengertian, Cara Melakukan, Dan Manfaat Gerakan Kayang

VIDEO: Jakarta BNI 46 Tutup Putaran Pertama PLN Mobile Proliga 2023 dengan kemenangan atas Bank Palembang Sumsel Babel

VIDEO: Kiper Jerman U-17 Jadi Pahlawan di Piala Dunia U-17 2023, Gunakan Trik Botol

Foto: Ketat di Bawah Mistar Hingga Lihat Contekannya, Begini Penampilan Konstantin Heide di Piala Dunia U-17 2023

Foto: 5 Bintang Serie A yang Bisa Kembali ke Premier League Januari 2024, Victor Oshimen Jadi Yang Paling Dicari!

Penilaian Pjok Worksheet

Foto: Erling Haaland Pecahkan Rekor Pemain Tercepat yang Cetak 40 Gol Liga Champions Sepanjang Sejarah, Ini Daftar 5 Besarnya! Ada banyak jenis olah raga, salah satunya adalah olah raga aerobik. Bentuk senam ini istimewa karena tidak hanya sekedar latihan kekuatan, tetapi juga bisa menjadi tontonan yang menyenangkan.

Apa itu senam olah raga dan apa saja jenisnya? Simak informasi di bawah ini mengenai manfaat dan cara menyusun program latihan kekuatan yang baik.

Pada hakikatnya senam adalah suatu sistem latihan jasmani dengan tujuan tertentu. Dalam laporan artikel berjudul Senam Agility di Scribd, beberapa tujuan senam adalah mencapai daya tahan, kekuatan, kelenturan, kelincahan, keseimbangan, komposisi tubuh dan kesehatan.

Saat ini, latihan kekuatan berfokus pada pencapaian kekuatan fisik. Latihan ini disebut juga senam lantai karena dilakukan di lantai dengan menggunakan matras. Beberapa gerakan memerlukan peralatan sederhana seperti lompat kotak.

Perbedaan Headstand Dan Handstand Dalam Gerakan Senam Lantai

Jenis dan gerakan latihan jasmani dibagi menjadi dua kelompok, yaitu berbantuan dan tanpa bantuan. Demikianlah jenis-jenis gerak yang dilansir dari materi pembelajaran Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Ada dua jenis olahraga dengan alat bantu yaitu lompat dan skipping. Keduanya menggunakan perlengkapan sederhana berupa jumper atau apapun yang bisa dijadikan penyangga dengan tinggi badan 120 cm untuk putri dan 136 cm untuk pria.

Lompatan jongkok hampir sama dengan jumping jack. Hanya saja gaya lompat kotak dilakukan dengan cara jongkok. Cara membuat jumper seperti ini.

Kelompok aerobik tanpa bantuan hanya mengandalkan matras sebagai alasnya. Selain itu gerakan senam ini memerlukan keterampilan dan ekspresi.

Gerakan Senam Lantai Dan Penjelasannya

Latihan lompat ini merupakan latihan dasar dalam senam. Latihan ini dilakukan dengan cara melompat ke tempatnya, tidak perlu bergerak. Gaya yang dapat dilakukan adalah melompat dengan kaki terbelah (satu kaki di depan dan satu kaki di belakang).

Baca Juga  Perbedaan Epigeal Dan Hipogeal

Cara lainnya adalah dengan melompat dengan kaki lurus di depan dan lengan di depan, atau melompat dengan kaki di depan dan lengan diluruskan untuk melakukan sesuatu di atas kepala.

Gerakan menggelinding dapat dilakukan dengan banyak gaya, yaitu menggelinding blok, menggelinding ke samping, menggelinding ke depan, dan menggelinding ke belakang. Berguling di atas balok berarti berbaring telentang dengan kedua kaki diluruskan dan lengan disilangkan di badan, lalu berguling ke samping seperti balok.

Berguling miring mirip dengan berguling di atas balok, namun dengan kaki ditekuk dengan paha di dada dan tangan memegang kedua kaki, lalu berguling ke samping. Sambil melakukan gerakan memutar berikutnya 360 derajat, kepala ditempelkan di matras selama beberapa menit. Sedangkan silinder belakang berseberangan dengan silinder depan.

Macam Senam Aerobik Dan Beberapa Irama Pengiringnya

Mulailah berjongkok, lalu tekuk badan ke depan hingga kepala menyentuh lantai. Lalu perlahan angkat badan dan kaki lurus. Dalam posisi ini, tangan diletakkan dekat kepala untuk mendapat tumpuan.

Awalan head tilt mirip dengan head stop. Namun, saat badan Anda terangkat, tahanlah selama beberapa detik. Ambil posisi berdiri dan tekuk tubuh menggunakan kaki yang berputar hingga posisi akhir tubuh berdiri.

Sesuai dengan namanya, lompat ini merupakan salah satu jenis gerakan berlari, melompat maju mundur seperti seekor harimau mengintai mangsanya. Jurus ini dapat dilakukan apabila teknik roll ke depan telah dikuasai dengan baik.

Gerakan kip diawali dengan posisi pertama dengan kedua tangan diletakkan di bawah leher. Jaga agar kaki tetap lurus saat menekuk tubuh hingga lutut berada di depan Anda. Ambil posisi menekuk badan hingga posisi terakhir adalah berdiri.

Sikap Lilin Adalah Sikap Meluruskan Badan Dengan Sikap

Senam profesional tentunya memiliki manfaat dalam meningkatkan keterampilan seseorang. Selain itu, banyak manfaat yang bisa Anda peroleh dari olahraga.

Melalui berbagai latihan fisik, otot-otot tubuh menjadi kuat dan kuat. Misalnya jumping jack yang bisa menguatkan otot kaki, jogging bisa menguatkan otot lengan.

Selain menambah kekuatan otot, hal ini tentunya bermanfaat dalam mengurangi risiko cedera. Cedera sering kali disebabkan oleh masalah saraf, otot, atau saraf. Jika otot dilatih maka risiko cedera akan lebih kecil.

Olahraga

Ph.1 Kelas 9. Materi

Senam ketangkasan disebut juga, manfaat senam ketangkasan, senam irama disebut juga, senam ketangkasan dengan alat, senam ritmik disebut juga dengan, jenis jenis senam ketangkasan, keseimbangan dalam senam lantai disebut juga, senam ketangkasan, senam ritmik disebut juga, alat untuk senam ketangkasan, senam lantai disebut juga, senam lantai disebut juga dengan