Madiun

Senam Dahlan Iskan Ramaikan Sunday Market

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Energik. Ratusan warga antusias mengikuti senam Dahlan Iskan di Taman Lalu Lintas Bantaran Minggu  (8/9). Senam yang kali pertama meramaikan Sunday Market itu dipandu langsung Nafsiah Sabri, istri Dahlan Iskan.

Gerak sehat yang juga diikuti Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (Perwosi) Kota Madiun itu dimulai pukul 07.30. Dua jam tanpa henti, gerakan demi gerakan dipraktikkan. Berbagai kalangan usia juga turut bergabung. ‘’Antusias warga Kota Madiun luar biasa,’’ kata istri mantan menteri BUMN tersebut.

Nafsiah menguraikan, senam Dahlan Iskan ini tercetus saat masih tinggal di Jakarta. Suatu pagi, saat joging di Tugu Monas, dia dan suaminya melihat sekumpulan warga senam bersama. Asyik. ‘’Begitu pensiun, kita kenalkan senam ini ke Surabaya,’’ ujarnya.

Gerakannya yang sederhana membuat senam yang dikenalkannya disambut hangat di Kota Pahlawan. Peminatnya terus bertambah saat dirutinkan setiap Selasa hingga Sabtu di depan Graha Pena. Sampai dikenal dengan julukan Dahlan Style. ‘’Senin aja liburnya,’’ terangnya.

Dari Jakarta ke Surabaya, sambutan positif senam ini kian masif di sejumlah daerah lain. Sampai kini terus dikenalkan ke lebih dari 10 kota. ‘’Insya Allah, bulan depan ke Solo,’’ sebutnya. Nafsiah berharap, senam ini semakin dikenal masyarakat. Terlebih, gerakannya sangat mudah diikuti semua kalangan usia. ‘’Semoga senam ini bisa memasyarakat,’’ imbuhnya.

Kemarin, Wali Kota Madiun Maidi beserta istri juga turut memandu jalannya senam Dahlan Iskan. Gerak sehat ini menjadi momentum positif untuk lebih menyemarakkan Sunday Market yang genap sebulan dirintis. ‘’Kegiatan seperti ini menjadi magnet yang positif. Sunday Market bertambah ramai,’’ kata Maidi.

Terbukti, keramaian warga yang berolahraga maupun berkuliner bertahan hingga siang. Tak seperti biasanya yang sudah bubaran selepas pukul 09.00. Senam Dahlan Iskan ini juga menginspirasi wali kota untuk merutinkannya setiap pekan. ‘’Senam seperti ini perlu digalakkan,’’ tuturnya. (mgd/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
               
         
close