Mejayan

Semua Sekolah di Kabupaten Madiun Ngebet Tatap Muka

MEJAYAN, Jawa Pos Radar Caruban – Sejumlah sekolah di Kabupaten Madiun mengklaim pembelajaran tatap muka (PTM) berjalan baik. Fakta ini jadi alasan satuan pendidikan yang masih pembelajaran jarak jauh (PJJ) alias daring ngebet segera menyusul. ‘’Kalau boleh, sebaiknya SD bisa PTM,’’ kata Kepala SDN Kebonagung 01, Mejayan, Sriatun pada Selasa (28/9).

Menurut Sriatun, PTM untuk jenjang pendidikan SD amat penting. Karena merupakan kebutuhan pendidikan dasar. Urgen dan fundamental dalam hidup anak-anak ke depan. Sebab, pendidikan SD lebih mengarah ke penanaman karakter. Anak-anak, lanjut Sriatun, tidak harus banyak materi. Diberi contoh sudah melekat. ‘’Di SDN Kebonagung 01 ada 106 siswa. Hasil visitasi, sudah siap PTM. Tinggal menunggu,’’ ujarnya.

Sriatun merasakan betul perbedaan siswa SD yang PTM dengan yang masih daring. Sebab, dia juga merangkap sebagai pelaksana tugas (Plt) kepala SDN Mejayan 01. Siswa PTM, sebut dia, lebih ceria dan percaya diri. Separo dari 522 siswa masuk PTM saban hari.

Standard operating procedure (SOP) dan protokol kesehatan dijalankan. Mulai siswa datang sampai pulang sekolah. ‘’Satu hari ada dua sif PTM dengan 18 ruang kelas. Selama kurang lebih tiga minggu PTM, tidak ada siswa atau guru yang kena Covid-19,’’ ungkapnya.

Di jenjang lebih tinggi, Kepala SMPN 2 Nglames Sukamto juga mengungkapkan bahwa PTM berjalan tertib. Hanya, selama tiga pekan PTM ada beberapa siswa absen karena sakit. Namun, bukan karena terpapar virus korona. ‘’Ada beberapa kali anak tidak masuk sekolah,’’ sebutnya.

Sukamto mengatakan, rata-rata 190 siswa ikut PTM saban hari. Jumlah itu 50 persen dari total siswa. Pun, penyesuaian jumlah kelas, yakni 14 ruang. Dalam kondisi pandemi, dia enggan bicara kualitas pendidikan. Sebab, PTM hanya dapat dilaksanakan tiga jam sehari, pukul 07.00-10.00. ‘’Yang penting ada pemenuhan pelayanan pendidikan. Setidaknya, dengan PTM sudah ada interaksi langsung antara siswa dengan guru untuk membangun keteladanan dan peningkatan budi pekerti,’’ tuturnya. (den/c1/sat/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button