Ngawi

Sembunyi di Bak Truk, Pemudik dari Jakarta Terjaring Razia di Exit Tol Ngawi

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Ada saja akal perantau agar lancar pulang ke kampung halaman. Sepuluh pemudik dari Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, memodifikasi bak truk bernopol G 8186 OF yang ditumpangi menuju Desa Purworejo, Balong, Ponorogo, Rabu (5/5).

Selain upaya mengelabui petugas, modifikasi menggunakan kardus, kayu, dan terpal itu untuk mengamankan delapan penumpang, dua unit kendaraan roda dua, sepeda, dan sejumlah barang di dalamnya. Akan tetapi, mata petugas penyekatan di exit tol Solo-Kertosono di Desa Grudo, Ngawi, lebih jeli.

Kendaraan yang disopiri Tekad Santoso itu pun dihentikan sekitar pukul 12.00. ‘’Truk digunakan tidak sesuai peruntukannya,’’ kata Kasatlantas Polres Ngawi AKP Zainul Imam Syafi’i.

Imam menyebut, hampir semua sisi bagian dalam bak truk dilapisi kardus. Mulai lantai, sisi kanan, kiri, dan depan. Sedangkan bagian atap tertutup terpal dan dilapisi kardus. Modifikasi di ruang 3×8 meter dan setinggi sekitar 170 sentimeter itu untuk mengurangi rasa panas dan dingin selama 14 jam perjalanan. ‘’Karena rombongan ini berangkat dari Cakung sekitar jam sepuluh malam (Selasa 4/5, Red),’’ ungkapnya.

Bagian dalam bak bukan hanya dilapisi kardus, melainkan juga dibangun tempat khusus pada sisi depan atas. Ruang berpenyangga kayu itu untuk menaruh sepeda, kardus, tas, dan beberapa stoples biskuit khas Lebaran. Nah, ruang yang tersisa untuk menyembunyikan delapan penumpang dan dua unit sepeda motor. ‘’Bak truk tertutup rapat agar bisa mengelabui petugas,’’ terang Kasatlantas.

Imam mengatakan, dua dari 10 pemudik itu menjadi sopir dan kernet. Delapan penumpang terdiri masing-masing tiga perempuan dan pria dewasa. Lalu, dua balita yang masih berusia satu setengah tahun dan sembilan bulan. Mereka sama-sama berasal dari Purworejo dan bekerja di salah satu perusahaan di Jakarta Timur. ‘’Truk yang dipakai pulang kampung itu meminjam perusahaan,’’ sebutnya. (mg3/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button