Ponorogo

Sembilan Jabatan Eselon II Pemkab Ponorogo Diisi Plt

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Entah kapan sembilan jabatan eselon dua di lingkup Pemkab Ponorogo bakal dilelang. Ada lima kursi kepala dinas, dua posisi asisten, satu kepala badan, dan sekretaris DPRD yang kosong tanpa pejabat definitif. Posisi mereka selama ini terpaksa diisi pelaksana tugas (Plt). ‘’Hampir semuanya kosong lebih dari tiga bulan,’’ kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Ponorogo Winarko Arief Tjahjono, Kamis (14/10).

Menurut dia, masa jabatan Plt hanya selama tiga bulan. Ketetapan seorang pelaksana tugas lanjut menjabat atau tidak bergantung bupati. Idealnya ada perubahan setiap tiga bulan setelah seorang Plt menyelesaikan tugasnya. Mayoritas sembilan jabatan eselon dua yang kosong itu dirangkap kepala dinas lainnya. Win –sapaan Winarko Arief Tjahjono– kini merangkap kepala dinas perhubungan (dishub). ‘’Kadinkes (kepala dinas kesehatan, Red) juga dirangkap Pak Sekda (sekretaris daerah),’’ terangnya.

Selain kepala dishub dan Kadinkes, jabatan asisten I dan asisten III juga kosong. Bersamaan itu, dinas kependudukan dan pencatatan sipil (dukcapil); dinas perdagangan, koperasi, dan usaha mikro (disperdagkum); dinas penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu (DPMPTSP); badan pengelolaan keuangan dan aset daerah (BPKAD); serta sekretaris DPRD tanpa komando pejabat definitif. ‘’Yang baru kosong disperdagkum, masih awal Oktober kemarin,’’ jelas Win.

Sembilan jabatan eselon dua yang kosong itu ditinggalkan pejabat lama yang purnatugas alias pensiun. Kata Win, tidak ada permasalahan serius dengan jabatan yang sementara diisi pelaksana tugas. Dia tunjuk bukti kegiatan di pemerintahan tetap berjalan lancar. Win malah menyebut adanya efisiensi di tengah masa pandemi Covid-19. Namun, dia berharap adanya percepatan mutasi pejabat. ‘’Harus diakui lebih efektif kalau ada pejabat definitif,’’ ungkapnya. (mg7/c1/hw/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button