Ponorogo

Sembilan Hari, Pelamar CPNS Capai Ribuan

Guru Kelas Paling Diminati

PONOROGO, Radar Ponorogo – Pendaftaran seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) Ponorogo sudah berlangsung sembilan hari. Catatan badan kepegawaian pendidikan dan pelatihan daerah (BKPPD) setempat, dari ribuan pelamar yang telah mendaftar, formasi guru menduduki peringkat teratas. ‘’Paling banyak guru kelas,’’ kata Kepala BKPPD Winarko Arief Rabu (20/11).

Winarko menjelaskan, hingga pukul 10.00 kemarin ada 3.223 pelamar yang telah mengisi formulir pendaftaran secara online. Dari jumlah itu, 1.517 di antaranya sudah menyelesaikan proses pendaftarannya.

Dari hasil perankingan, formasi guru kelas paling diminati. Jumlah pelamarnya sudah menembus angka 773 orang. Disusul guru pendidikan agama Islam sebanyak 374 pelamar (selengkapnya lihat grafis). ‘’Ada beberapa formasi yang walaupun hanya sedikit, tapi pelamarnya banyak,’’ ujarnya.

Dia mencontohkan formasi pengawas teknologi informasi. Meski hanya membutuhkan satu tenaga, peminatnya sejauh ini mencapai 125. Begitu pula analis kepegawaian yang hanya merekrut empat orang. Formasi itu diminati 82 pelamar. ‘’Memang ada beberapa formasi istimewa yang cukup banyak pelamarnya,’’ kata Winarko.

Banyaknya pelamar di beberapa formasi tersebut, salah satunya dipengaruhi persyaratan indeks prestasi kumulatif (IPK) yang terbilang rendah, hanya 2,75. Selain itu, merupakan formasi baru sehingga diminati pelamar dari latar pendidikan terkait. ‘’Pengawas teknologi informasi, misalnya, sebelumnya tidak ada,’’ tuturnya.

Winarko memperkirakan jumlah pelamar bakal naik berlipat pada hari-hari terakhir pendaftaran. Apalagi tahun ini relatif tidak ada kendala. Beberapa pengaduan yang diterima panitia seleksi daerah (panselda) hanya seputar nomor induk kependudukan (NIK) pelamar yang tidak bisa digunakan. ‘’Dulu banyak pengaduan soal server yang mengalami gangguan. Sekarang lebih lancar, jadi pelamar semakin banyak,’’ pungkasnya. (naz/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button