News

Semakin Tinggi Suhu Suatu Benda Semakin Titik-titik Benda Tersebut

×

Semakin Tinggi Suhu Suatu Benda Semakin Titik-titik Benda Tersebut

Share this article

Semakin Tinggi Suhu Suatu Benda Semakin Titik-titik Benda Tersebut – Artikel Fisika Kelas 7 ini membahas tentang pengertian suhu, 4 skala pengukuran suhu (Fahrenheit, Celsius, Kelvin, dan Reamer) serta cara mengkonversinya.

Pasca pandemi virus corona, pengukuran suhu tubuh sepertinya sudah menjadi hal yang normal. Jika kita ingin pergi ke area komersial atau tempat umum outdoor, di pintu masuk akan ada agen yang akan memasang alat berbentuk pistol di dahi kita.

Semakin Tinggi Suhu Suatu Benda Semakin Titik-titik Benda Tersebut

Beberapa mungkin akan datang dan mengucapkan terima kasih. Sementara itu, banyak orang lain yang bingung: “Maksudnya apa? Dahi dan 36,5 saya itu apa?”

Konsep Dan Ruang Lingkup Suhu Halaman 1

Pertanyaannya adalah suhu tubuh Anda. Apa yang dimaksud dengan suhu? Suhu adalah ukuran seberapa panas atau dinginnya suatu benda. Artinya, semakin tinggi suhu suatu benda, maka benda tersebut akan semakin panas. Bagaimana bisa seperti ini?

Energi kinetik? Itu bukan energi yang didapat suatu benda saat bergerak, bukan? Namun benda padat juga dapat memanas, namun ketika dipanaskan maka benda tersebut tidak bergerak kemana-mana. Lalu dari manakah energi kinetik berasal? Nah, jika suatu benda berwujud padat, maka benda tersebut diam…

Jadi yang perlu diwaspadai adalah meskipun benda diam, namun molekul-molekul penyusun benda tersebut sebenarnya bergerak, bisa menerjemahkan atau memutar, bahkan bergetar.

Jadi meskipun benda padat tampak diam, jika Anda melihat ke dalam partikel penyusunnya, Anda dapat melihat bahwa partikel tersebut bergerak.

No Ngasal Ya Nanti Aku Flooow​

Jadi apa yang dirasakan panas atau dingin sebenarnya hanyalah sensor pada kulit yang menerima energi dari partikel benda yang disentuhnya (sensasi panas) atau memberikan energi pada partikel benda yang disentuhnya (sensasi dingin).

Coba deh, kalau digosok permukaan tangan jadi panas ya? Pasalnya, saat terjadi gesekan, partikel-partikel di permukaan kulit saling bertabrakan. Partikel-partikel di kulit Anda bergetar lebih cepat, sehingga terasa seperti panas.

Jadi sensasi panas sebenarnya adalah sensor kulit Anda yang memberi tahu otak Anda, “Wah, rata-rata energi partikel di sini lebih besar dari rata-rata energi kinetik kita, lho?”

Dan disitulah letak masalahnya. Sensasi dingin dan panas berhubungan dengan kulit. Jadi ketika suhu kulit rendah maka suhu benda harus diturunkan terlebih dahulu sebelum terasa dingin, dan jika suhu kulit tinggi maka suhu benda harus lebih tinggi lagi agar dapat terasa dingin.

Hukum Termodinamika: Pengertian, Proses, Rumus, Formulasi, Dan Penerapannya

Anda mungkin melakukan eksperimen ini ketika Anda masih kecil: Mereka memasukkan tangan kiri Anda ke dalam air dingin dan tangan kanan Anda ke dalam air panas. Biarkan keduanya cukup lama hingga suhu tangan kiri menurun dan suhu tangan kanan meningkat.

Baca Juga  Apa Yang Dimaksud Prinsip Gelap Terang

Kemudian ketika kedua tangan dimasukkan ke dalam air bersuhu ruangan, tangan kiri terasa panas (karena lebih hangat dari tangan kiri) dan tangan kanan terasa dingin (karena kurang hangat dibandingkan tangan kanan).

Arti dingin atau panas bersifat subyektif dan bergantung pada pengukurannya. Tapi kami ilmuwan, bukan? Jadi kita harus obyektif, jadi tidak lagi pakai dingin atau panas, tapi kita ukur suhunya.

Jadi bagaimana kita mengukur suhu? Ada alat pemantau suhu yang disebut termometer. Termometer biasanya berbentuk seperti tabung pendek dan panjang. Di dalam termometer terdapat cairan (biasanya alkohol atau air raksa) dan timbangan. Cara untuk mengetahui suhunya adalah dengan melihat letak permukaan merkuri pada skala tersebut.

Jika Suatu Zat Mempunyai Kalor Jenis Tinggi, Zat Itu

Ketika termometer dimasukkan ke dalam air yang suhunya lebih tinggi dari suhu termometer, partikel air raksa di dalam termometer memperoleh energi dari air. Partikel merkuri bergetar lebih cepat dan akibatnya saling bertabrakan dengan kekuatan yang lebih besar.

Hal ini menimbulkan efek memuainya air raksa, nah, air raksa ini ditempatkan pada tabung yang panjang dan pendek, dan seiring dengan pemuaiannya maka permukaan air raksa tersebut bergerak naik.

Namun menariknya, ketika air mendidih, permukaan air raksa pada termometer tetap tidak bergerak. Mengapa demikian? Nah, jika air mendidih, apakah itu berarti energi air tersebut semakin bertambah? Nah, energi air pasti bertambah, namun ketika air mendidih, energi tersebut digunakan untuk mengubah wujud air dari cair menjadi gas. Oleh karena itu, ketika air direbus, suhunya tidak meningkat meskipun energi dihasilkan.

Nah, jika Anda mencoba mendinginkan air untuk bersenang-senang, yang terjadi justru sebaliknya, partikel merkuri akan kehilangan energi dan bergetar lebih lambat. Jadi apa yang terjadi? Mereka bertabrakan lebih lemah satu sama lain.

Fluida Dinamis: Pengertian, Sifat, Rumus, Dan Perbedaannya

Hal ini menyebabkan kadar merkuri menjadi lebih rendah. Maka kadar merkuri akan menurun. Ketika air berubah menjadi es, permukaan air raksa tetap diam, sama seperti air mendidih, namun pada posisi berbeda pada termometer.

Jika percobaan ini diulangi pada kondisi yang sama persis, posisi permukaan air raksa dalam termometer akan selalu sama ketika air membeku dan ketika air mendidih.

Artinya, meskipun air berubah bentuk, suhunya selalu sama. Bukan berarti suhu tubuh Anda akan berubah. Selama Anda memeriksa suhu saat air berubah menjadi es atau uap, suhunya akan selalu sama.

Sekarang Anda sudah tahu apa itu konsep suhu dan termometer. Mari kita lanjutkan dengan berbagai skala suhu yang ditemukan oleh para ilmuwan, yuk!

Baca Juga  Tempat Yang Tidak Tepat Untuk Mengucapkan Asmaul Husna Adalah

Suhu: Pengertian, Alat Ukur, Akibat Dan Contoh Soalnya

Skala pengukuran suhu terbagi menjadi 4 jenis antara lain skala Fahrenheit, Remour, Celcius dan Kelvin. Nah, tiap timbangan punya titik beku dan titik didih yang berbeda-beda lho! hmm kenapa Datang dan cari tahu lebih lanjut di bawah ini!

Awalnya, seorang fisikawan Jerman bernama Daniel Gabriel Fahrenheit menemukan termometer alkohol pada tahun 1709 dan termometer air raksa pada tahun 1714.

Tapi Tuan Reinheit, ketika pertama kali menciptakan skala Fahrenheit, tidak menggunakan titik beku air sebagai titik tetap bawah dan titik didih air sebagai titik tetap atas.

Awalnya skala Fahrenheit menggunakan tiga titik acuan, suhu campuran air, es, dan garam (amonium klorida) adalah 0.

Mengulik 4 Macam Skala Suhu Dalam Pelajaran Fisika

Lalu, dari sini, dia mengukur suhu didihnya (berapa itu? Benar! titik setel tertinggi!) menjadi 212.

Beberapa dekade kemudian, pada tahun 1731, René Antoine Fercholt de Rumer mengusulkan skala lain. Pertama dia membuat termometer dengan menggunakan alkohol (meskipun sekarang telah digantikan oleh air raksa) dan menentukan bahwa titik beku air adalah 0.

Menurut Réaumur, soalnya bilangan 80 mudah habis dibagi 2. Bisa 40, 20, 10, 5. Dibandingkan dengan bilangan 100 yang hanya habis dibagi 2 kali.

Skala Raumer ini dulunya sangat populer di kalangan orang Eropa. Terutama Perancis dan Jerman. Ya, meski sekarang sangat jarang. Kebanyakan yang memanfaatkannya berasal dari industri kembang gula dan keju.

Pdf) Uji Konduktivitas Termal Material Non Logam

Di sisi lain, Anders Celsius, seorang astronom asal Swedia, juga menemukan skalanya sendiri pada tahun 1742. Kalibrasi skala dihitung dengan cara sederhana. Ia memilih titik beku air dan titik didih air sebagai acuan. Itu mencapai selang ke-100.

Dalam penelitian ilmiah, skala Celcius paling sering digunakan. Inilah sebabnya, kecuali Amerika Serikat (yang menggunakan Fahrenheit), banyak negara yang menggunakan skala Celsius sebagai skala suhunya. Seperti di Indonesia misalnya, kalau bicara suhu, kita langsung berpegang pada skala Celsius.

Bukan hanya ketiganya. Ada orang Eropa lain yang menciptakan timbangan ini. Dia berasal dari Skotlandia. Namanya Lord William Kelvin. Berbeda dengan skala lainnya, Kelvin menggunakan konsep nol mutlak sebagai batas bawahnya.

Itu saja. Secara teoritis, suhu terendah di alam adalah saat semua gerakan molekul terhenti dan kita tidak dapat mendeteksi energi.

Berapa Suhu Udara Normal Yang Ideal Untuk Sehari Hari? Begini Penjelasannya

Jadi, kita mengetahui bahwa titik beku (titik tetap bawah) air adalah 273,15 K dan titik didihnya adalah 373,15 K (secara teori sama dengan Celcius. Hanya menggunakan nol mutlak “

Baca Juga  Contoh Satuan Baku

Kelvin termasuk dalam Standar Internasional (SI) yang biasa digunakan untuk pengukuran ilmiah. Sebab, secara teoritis, tidak ada yang lebih rendah dari nol mutlak (itulah sebabnya Anda tidak dapat menemukan suhu negatif (-) dalam Kelvin). Tidak perlu menulis gelar dalam Kelvin (

Sebenarnya selain keempatnya, ada skala pengukuran suhu lain seperti Rankine, Newton dan Romer. Namun bisa dibilang kurang populer dan tidak digunakan banyak orang. Itu sebabnya hanya 4 orang ini yang terkenal.

Jika melihat infografis di bawah ini, kita dapat mengubah skala dari satu jenis ke jenis lainnya. Caranya sangat mudah. Pertama kita perlu menyamakan titik terbawah dari skala yang ingin kita ubah, lalu mencari perbandingannya.

Soal & Kunci Jawaban Ipa Kelas 7 Smp/mts Kurikulum Merdeka Halaman 60 Bab 2 Mari Uji Kemampuan

Segitiga manakah itu? Simbolnya adalah huruf Yunani dan namanya Delta. Nah, dalam fisika itu artinya perubahan/perbedaan.

Maksudnya itu apa? Artinya setiap kenaikan/penurunan 5o C = kenaikan/penurunan 9o F = kenaikan/penurunan 4o R = kenaikan/penurunan 5K.

Tapi Anda harus selalu memulai dari titik tertentu, bukan? Terserah mau atas atau bawah, tapi biasanya saya pakai titik tetap bawah.

Selain mengubah skala suhu menggunakan titik tetap atas atau bawah, kita juga bisa menggunakan rumus cepat lho!

E Lkpd Suhu Kalor Bagian 2 By Setria Milda Putri Online Exercise For

Caranya mudah, kawan. Yang penting Anda mengetahui skala setiap suhu. Jika Anda masih ingin mencoba mengonversi suhu, Anda dapat membaca artikel Yang perlu Anda ketahui tentang mengonversi suhu dan termometer.

Mengapa sekarang kita memiliki 4 skala pengukuran suhu? Ya, jawabannya karena ada 4 penemu yang kredibel dan kita bisa menggunakan skala pengukuran beserta namanya untuk mengapresiasinya. Meski terkesan “apa bedanya”, sebenarnya tidak ada yang salah di antara keduanya. Mereka menggunakan logika berbeda untuk kalibrasi.

Itulah asyiknya sains! Yang penting adalah landasan berpikir, bagaimana kita mengambil kesimpulan dari proses yang kita jalankan. Jadi, jangan hanya melihat “angka hasil”. Bagi kamu yang ingin mempelajari materi ajar seperti ini dalam format video, yuk tonton Ruangbelajar! Seorang guru yang berpengalaman juga akan ada di sana. Suhu Jakarta merupakan ukuran untuk menyatakan derajat panas.

Mencari titik koordinat suatu tempat, pengukur suhu benda, alat pengukur suhu benda, alat ukur suhu benda, suhu ac semakin tinggi, alat untuk mengukur suhu benda, cara menentukan titik koordinat suatu tempat, cara melihat titik koordinat suatu tempat, cara mencari titik koordinat suatu tempat, cara menentukan titik koordinat suatu lokasi, cara mengetahui titik koordinat suatu tempat, aplikasi untuk mengetahui titik koordinat suatu tempat