Ponorogo

Selingkar Wilis Akomodasi Pelebaran Jalan Nasional

Ponorogo-Madiun Mustahil Setengah Jam

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Sudah lama Jalan Raya Ponorogo-Madiun butuh pelebaran. Mengembalikan fungsi jalan antarkabupaten yang dulu bisa ditempuh kurang dari setengah jam.

Seiring dibangunnya tol trans-Jawa (TTJ), ruas jalan 27 kilometer itu kian mengalami penumpukan. Beroperasi sejak puluhan tahun silam, jalur ini merupakan akses utama yang menghubungkan Bumi Reyog dengan Kota/Kabupaten Madiun. Kini, lebarnya bervariasi. Lebar terpendek 12 meter. ‘’Ponorogo bersama daerah sekitar sama-sama mengajukan ini,’’ kata Sekda Ponorogo Agus Pramono.

Selain mengoneksikan enam daerah lewat Jalan Selingkar Wilis, pemerintah pusat dikabarkan setuju melebarkan Jalan Raya Ponorogo-Madiun yang berstatus jalan nasional tersebut. Tak hanya sampai Kota Madiun, namun hingga exit tol TTJ di Dumpil, Bagi, Sawahan, Kabupaten Madiun. ‘’Waktu pertemuan dengan presiden di Istana Bogor, Pak Bupati meminta Jalan Raya Ponorogo-Madiun dilebarkan seperti yang ada di Madiun,’’ ujar mantan pejabat Pemkab Madiun itu.

Sebenarnya, wacana pelebaran jalan itu sudah diajukan lama. Pasca-TTJ mulai sambung-menyambung dan beroperasi. Sebab, dampaknya mulai terasa. Kepadatan kendaraan terjadi setiap hari. Tak hanya di momen-momen tertentu. ‘’Harapannya bisa dilebarkan sampai exit tol,’’ tutur Agus.

Namun, proyek infrastruktur triliunan itu kemungkinan tidak langsung dieksekusi tahun depan. Pekerjaan besar itu akan digarap secara bertahap oleh pemerintah pusat. Nah, selagi pusat mempersiapkan, daerah juga turut melakukan perbaikan infrastruktur. Khususnya, ruas-ruas jalan yang menunjang jalan nasional maupun Jalan Selingkar Wilis. Sebab, akan ada banyak dampak positif yang bisa dirasakan. Apalagi dengan dibangunnya Jalan Selingkar Wilis. ‘’Konektivitas Ponorogo dengan daerah-daerah lain di sekitar akan menjadi lebih baik. Paket wisata juga bisa dikerjasamakan dengan daerah lain,’’ jelas sekda. (naz/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close