Magetan

Seleksi Dewas PDAM, Empat ASN Tantang Furiana

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Permendagri 37/2018 tidak menjamin aman posisi Furiana Kartini sebagai dewan pengawas (dewas) PDAM Lawu Tirta Magetan 2020-2024. Regulasi tersebut menepikan ketentuan bahwa pemegang jabatan itu secara otomatis melekat pada kabag perekonomian setdakab. ‘’Penentuan dewas harus lewat seleksi,’’ kata Direktur Utama PDAM Lawu Tirta Welly Kristanto Minggu (19/1).

Permendagri 37/2018 mengatur ihwal pengangkatan dan pemberhentian anggota dewas atau anggota komisaris dan anggota direksi BUMD. Dewas PDAM beranggotakan tiga orang yang terbagi unsur aparatur sipil negara (ASN) dan independen yang mewakili pihak pelanggan. Formulasi penentuannya fleksibel. Bila sebelumnya satu ASN dan dua umum, komposisi selanjutnya tidak menutup kemungkinan berubah.

Welly membeberkan, lima ASN lolos tahap administrasi dan berhak mengikuti uji kelayakan dan kepatuhan. Semuanya eselon III di lingkup setdakab. Furiana bakal bersaing dengan Yayuk Sri Rahayu (kabag sumber daya alam), Elmy Kurniarto (kabag unit layanan pengadaan), Suhardi (kabag kesejahteraan rakyat), dan Masruri (kabag pemerintahan). Sedangkan dari unsur independen ada tujuh orang. ‘’Untuk bisa jadi dewan pengawas tentu harus memahami bidang PDAM dan minimal menguasai bidang pemerintahan,’’ terangnya.

Informasi yang dihimpun, hanya Elmy seorang yang berpengalaman dalam urusan air minum. Mantan pejabat di dinas pekerjaan umum dan penataan ruang (DPUPR) itu pernah bertugas di bappeda litbang. Menjabat sebagai kabid permukiman dan prasarana wilayah, dia mengurusi rencana induk sistem penyediaan air minum (RISPAM). Di sisi lain, background pendidikannya teknik lingkungan dengan konsentrasi pada sanitasi dan air minum.

Furiana tergolong masih punya peluang dengan mengandalkan pengalamannya. Walau, mantan sekretaris dinas kesehatan itu menjabat sebagai dewas karena ex-officio. Sedangkan, tiga kandidat lainnya tidak punya jam terbang dalam bidang air minum. ‘’Ya, tergantung nanti hasil seleksinya bagaimana. Kami serahkan kepada pansel (panitia seleksi, Red),’’ ucap Welly kala disinggung peluang Elmy, Furiana, dan peserta lainnya.

Welly menyebut, uji kelayakan dan kepatuhan diselenggarakan tiga hari mulai hari ini. Rangkaian tes dimulai ujian tertulis berupa psikotes dan keahlian. Lalu, penulisan makalah tentang strategi pengawasan dan mempresentasikannya. Sebelum diakhiri dengan wawancara. ‘’Seleksi dilakukan oleh tim dan lembaga profesional,’’ tandasnya. (bel/c1/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button