Ponorogo

Seleksi CPNS, Jangan Coba-Coba Curang!

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Peringatan keras bagi pihak-pihak yang ingin berbuat curang dalam seleksi kompetensi dasar (SKD) seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS). Panitia seleksi daerah (panselda) tak segan menindak tegas mereka yang mengganggu belasan ribu peserta ini. ‘’Kalau ketahuan, saya akan respons,’’ kata Sekdakab Ponorogo Agus Pramono Minggu (16/2).

SKD CPNS Pemkab Ponorogo digelar mulai Sabtu lalu (15/2). Sudah lebih dari seribu peserta yang mengikuti seleksi dengan sistem computer assisted test (CAT) itu. SKD kali ini digabung dengan peserta CPNS Pemkab Madiun dan Pacitan. Total jumlah peserta dari tiga kabupaten sekitar 18 ribu orang.

Dengan jumlah peserta sebanyak itu, Agus menduga akan ada pihak yang mencoba bertindak tidak fair. ‘’Saya yakin, di mana-mana pasti ada yang mencoba memanfaatkan celah,’’ ujarnya.

Menurut Agus, saat ini celah untuk curang sudah sulit. Berbeda dengan seleksi calon abdi negara sebelumnya. Pemerintah mempersempit ruang gerak bagi pihak yang tidak bertanggung jawab. Screening peserta dilakukan ketat. Di ruang SKD, para peserta juga mendapat jenis soal berbeda. Pun, hasil seleksi dapat langsung diketahui. ‘’Sekarang, tidak akan ada yang bisa membantu kecuali kemampuan peserta sendiri,’’ tegasnya.

Agus minta para peserta tidak percaya janji-janji yang bisa memuluskan SKD. Jika ada pihak yang menjanjikan, Agus memastikan hanyalah janji palsu. Jika peserta kedapatan mencoba curang, akan langsung dicoret dari proses seleksi. ‘’Saya pesan kepada teman-teman peserta seleksi CPNS agar tidak main-main,’’ tekannya.

Tak hanya para peserta, Agus juga mewanti-wanti para PNS pemkab tidak mencari celah atau memanfaatkan momen demi menipu peserta. ‘’Kalau ada temuan PNS seperti itu, sanksinya berat sekali. Saya akan proses sesuai ketentuan. Jangan ada yang coba-coba,’’ ancamnya. (naz/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button