Ngawi

Sekolah Langganan Banjir Aman

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Banjir Senin lalu (2/11) ternyata tidak sampai berdampak pada bangunan sekolah di Ngawi. Pantauan dinas pendidikan (dindik) setempat, tidak satu pun sekolah yang tergenang. ‘’Semuanya aman,’’ kata Kadindik Muhammad Taufiq Agus Susanto usai mengecek dampak banjir di SMPN 1 dan 2 Kwadungan Rabu (4/11).

Taufiq mengungkapkan, kedua sekolah itu selama ini langganan tergenang saat musim penghujan. Bahkan, pada awal tahun lalu beberapa infrastrukturnya rusak akibat diterjang banjir. ‘’Tapi, untuk kejadian kemarin (Senin lalu, Red) tidak berdampak serius,’’ ujarnya.

Meski begitu, Taufiq meminta pihak sekolah tetap waspada. Terutama di Kecamatan Kwadungan yang merupakan kawasan rawan banjir. Sekolah diminta melakukan antisipasi sejak dini untuk menekan dampak kerugiannya. Taufiq juga mengimbau pihak sekolah intens memantau kondisi di daerah hulu sungai. Dengan begitu, saat debit air sungai di wilayah hulu meningkat bisa langsung melakukan antisipasi. ‘’Misalnya mengamankan sarana dan prasarana, termasuk perangkat elektronik dan dokumen penting,’’ paparnya.

Berdasarkan data BPBD Ngawi, ada 10 kecamatan di Ngawi yang rawan terdampak banjir. Dari jumlah itu, enam di antaranya berada di wilayah Ngawi timur. Yakni, Kwadungan, Pangkur, Geneng, Padas, Ngawi, dan Karangjati. (tif/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button