Madiun

Sekolah Diliburkan, Malah Nongkrong di Warung

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Tim Gerakan Disiplin Siswa (GDS) tak ingin para pelajar di Kota Madiun bebas berkeliaran meski kegiatan belajar-mengajar di sekolah diliburkan sementara waktu sejak Senin (16/3). Kebijakan tersebut sebagai upaya mengantisipasi kerumunan pelajar SD maupun SMP. ‘’Ini upaya pencegahan infeksi Covid-19. Siswa belajar di rumah agar siswa sosial distance atau tidak mengunjungi tempat ramai,’’ kata Wakil Wali Kota Madiun Inda Raya Selasa (17/3).

Kemarin tim GDS menyidak tiga lokasi berbeda. Yakni, warung di Jalan Merak, Lapangan Demangan, dan Jalan Taman Praja. Hasilnya, puluhan siswa dari berbagai sekolah terjaring razia ini. Mereka kebanyakan kelas IX dan XII, dari jenjang SMP, MA, dan SMK. ‘’Kami sudah mengeluarkan surat edaran bagi kelas VI dan IX, seusai ujian untuk langsung pulang ke rumah. Tidak bepergian kecuali mendesak,’’ ujarnya.

Sedangkan untuk pelajar SMA yang didapati asyik nongkrong akan dilaporkan ke pemprov sekaligus koordinasi dengan kepala sekolah terkait. ‘’Siswa yang hari ini tepergok mengunjungi tempat keramaian sudah kami beri pengertian untuk mengisolasi diri sementara waktu dalam rangka mencegah penyebaran korona,’’ terangnya.

Tim GDS juga mengedukasi tempat nongkrong para pelajar untuk menegur mereka selama dua pekan ke depan. Inda Raya tidak melarang para siswa membeli di warung tersebut, namun setidaknya dibungkus dan dibawa pulang ke rumah. ‘’Selain itu, kami imbau pemilik warung  menyediakan tempat cuci tangan,’’ imbuhnya.

Dia juga berpesan pada orang tua agar memberi pemahaman kepada anaknya agar untuk sementara waktu ini tidak keluar sembarangan. Sebab, bisa berisiko tertular dan menulari korona. ‘’Ini soal kesadaran dan bagaimana orang tua mengontrol anaknya untuk tidak keluar, kecuali ada urusan penting,’’ tuturnya.

Inda Raya juga menyebut akan rutin melakukan razia bersama tim GDS dalam rangka memantau pembelajaran di rumah selama dua pekan ke depan. ‘’Operasi ini akan kami lakukan hingga pekan mendatang (29/3),’’ jelasnya. (mg3/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button