Pacitan

Sejumlah Kegiatan Fisik 2019 Molor dari Kontrak

Tinggal Dua Pekan, Serapan Minus 27 Persen

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Akhir 2019 tinggal menghitung hari. Sejumlah proyek fisik di Pacitan belum selesai. Bahkan, molor dari jadwal. Beberapa proyek pembangunan jembatan hingga gedung pemerintahan yang didanai APBD 2019 melewati batas waktu kontrak kerja. ‘’Tapi kami optimistis semua akan selesai sebelum akhir tahun,‘’ kata Kabag Pembangunan Setdakab Pacitan Muhammad Afandi Selasa (17/12).

Beberapa proyek yang belum rampung itu antara lain pembangunan gedung BKPPD, Jembatan Gupit di Arjosari, dan gedung sekolah satu atap di Desa Karanggede, Arjosari. Seusai kontrak per 26 Juli lalu, gedung BKPPD harus rampung dalam 120 hari.

Namun, hingga kini proyek gedung bertingkat itu tak kunjung usai. Mestinya sudah usai beberapa pekan lalu. Alhasil, kontraktor bakal terkena penalti denda satu per seribu dari nilai kontrak yang disepakati. ‘’Kemungkinan akan segera selesai beberapa hari lagi,’’ ujarnya.

Menurut dia, molornya beberapa proyek tersebut karena sejumlah faktor. Salah satunya, waktu yang mepet serta tak sesuai perkiraan pemborong. Masalah lainnya, keuangan kontraktor hingga ketersediaan peralatan dan tenaga kerja. ‘’Kami akan berkoordinasi dengan unit kerja pengadaan barang atau jasa (UKPBJ) agar tidak terulang di kemudian hari,’’ tutur Afandi.

Dia berharap pendataan dan proses lelang dipercepat awal tahun. Khsususnya, proyek strategis dan program berkelanjutan. Seperti Jembatan Gunungsari atau gedung serbaguna Pacitan. Selain memastikan pekerjaan, proses tersebut bakal membuat kualitas bangunan jauh lebih bagus. ‘’Bisa awal 2020 atau lelangnya lebih awal. Sehingga proyek dengan anggaran besar atau DAK bisa dimulai lebih awal,’’ harapnya.

Pihaknya mencatat, hingga November Rp 2,015 triliun anggaran disiapkan untuk belanja pembangunan 2019. Namun, baru terserap 73 persen. Afandi menargetkan sebelum akhir tahun serapan melonjak hingga 95 atau 98 persen. Lebih tinggi dari tahun sebelumnya 93,5 persen. Dia optimistis lantaran sebagian proyek mendekati rampung. ‘’Untuk fisik konstruksi, dari 1.568 paket sudah mencapai 90 persen. Tahun ini akan selesai,’’ pungkasnya. (gen/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button