News

Sejarah Perkembangan Geografi

×

Sejarah Perkembangan Geografi

Share this article

Sejarah Perkembangan Geografi – Geografi merupakan salah satu cabang ilmu sosial yang menitikberatkan pada penataan ruang bumi beserta hubungannya, persamaannya, dan makhluk hidup. Namun bagaimana sejarah perkembangan geografi dari waktu ke waktu?

Sebelumnya, kata geografi berasal dari kata “geo” yang berarti bumi dan “graphene” yang berarti gambar. Konsep geografi ini pertama kali dikembangkan oleh ilmuwan Yunani Eratosthenes (276-194 SM).

Sejarah Perkembangan Geografi

Cuplikan Modul Pembelajaran Geografi SMA Kelas 10 yang disusun oleh Fitri Sekar Lestari Ada beberapa tahapan sejarah perkembangan geografi dari masa ke masa. Sejarah perkembangan geografi dijelaskan sebagai berikut.

Dosen Geografi: Sejarah Perkembangan Geografi

Geografi periode klasik mengacu pada SM. hingga periode antara abad ke-6 dan ke-1 yang masih sangat kaya akan mitologi dan cerita budaya manusia. Pada tahap ini, bangsa Romawi menjadi salah satu pionir yang menerapkan geografi pada wilayah-wilayah di peta dunia.

Selain itu, geografi juga digunakan sebagai alat untuk menggambarkan pelabuhan, daratan, dan garis pantai di wilayah Romawi. Ada beberapa ahli geografi pada periode ini: Ptolemy, Herodotus, Thales dan Anaximander.

Pada Abad Pertengahan atau Renaisans, perkembangan ilmu geografi mengalami kemajuan yang signifikan dengan lahirnya banyak tokoh geografi baru. Di sisi lain, para sarjana di benua Arab juga telah melakukan penelitian ekstensif di bidang geografi.

Hal ini dilakukan oleh Ibnu Batutah, Ibnu Khaldun dan al-Idrisi yang membangun tradisi geografis klasik peradaban Romawi kuno. Tidak hanya itu, Marco Polo, Vasco da Gama, Columbus, dll merupakan orang Barat yang menggunakan geografi untuk melakukan perjalanan ke wilayah baru di dunia.

Sejarah Perkembangan Astronomi Online Exercise For

Geografi pada era modern dimulai pada abad ke-18 hingga awal abad ke-19, ditandai dengan banyaknya ahli geografi baru. Para sarjana ini telah melakukan banyak penelitian teoritis, konseptual dan ekstensif tentang geografi di universitas-universitas Eropa.

Beberapa tokoh geografi modern antara lain Immanuel Kant, Alexander von Humboldt, Carl Ritter, dan Charles Darwin. Pada masa itu ilmu geografi benar-benar berkembang sangat pesat di Eropa, khususnya di Perancis dan Jerman.

Meskipun era sebelumnya hanya berfokus pada hubungan, interkoneksi, perencanaan tata ruang, dan studi tentang bumi, geografi mengalami transformasi pada akhir abad ke-19. Sedangkan geografi memperluas cakupan kajiannya dengan membahas iklim, tumbuhan, hewan, dan bentang alam.

Oleh karena itu, banyak ahli geografi yang menggunakan penelitiannya untuk memperdalam pengetahuan geologi dan menjadi sumber penelitian baru tentang spektrum geografis. Ada beberapa ahli geografi abad ke-19 seperti Friedrich Ratzel, Ferdinand von Richoven, Hartshorne, Vidal de la Blache dan Preston E. Yakobus:

Baca Juga  Posisi Mengambil Awalan Melompat Dari Pada Lompat Adalah

Sejarah Perkembangan Geografi Dan Objek Studinya

Pada abad ke-21, geografi berkembang seperti ilmu-ilmu sosial lainnya (sosiologi, antropologi, dan filsafat). Dimana geografi menjadi alat ilmiah untuk memecahkan berbagai permasalahan sosial yang dihadapi masyarakat.

Pada era ini, geografi juga mulai menggunakan alat-alat canggih seperti komputer dan teknologi lainnya untuk mencoba menangkap, menyimpan, mempelajari, mengintegrasikan, memanipulasi, menganalisis, dan menampilkan informasi tentang permukaan bumi. Sejarah perkembangan geografi melibatkan berkembangnya pemahaman manusia tentang dunia fisik dan orang-orang di sekitarnya. Disiplin geografi telah ada sejak zaman dahulu dan telah mengalami perubahan yang signifikan sepanjang sejarahnya. Perkembangan geografi terkadang digambarkan sebagai:

Pada zaman dahulu, geografi sering kali berkaitan dengan pemetaan dan survei wilayah. Peradaban Mesir kuno, Babilonia, Yunani, dan Romawi menghasilkan peta awal yang berfokus pada pemerintahan, perbatasan, dan ciri-ciri fisik. Herodotus, sejarawan Yunani kuno yang juga dikenal sebagai “Bapak Sejarah”, memasukkan catatan geografis dalam karyanya yang mencakup geografi, iklim, dan budaya.

Pada Abad Pertengahan, pengetahuan geografis berkembang melalui perjalanan dan eksplorasi. Pelaut Arab seperti Ibnu Batutah melakukan perjalanan jauh dan mengumpulkan pengetahuan tentang tempat-tempat yang dikunjunginya. Peta dari periode ini sering kali mengandung kesalahan dan bias yang signifikan.

Apa Itu Geografi? Bagaimana Ruang Lingkup & Objek Kajiannya?

Era Eksplorasi pada abad ke-15 dan ke-16 membawa perubahan besar pada geografi. Penemuan baru dan pemetaan wilayah yang lebih akurat oleh penjelajah seperti Christopher Columbus, Vasco da Gama, dan Ferdinand Magellan. Pemikiran ilmiah penting seperti teori bumi bulat Eratosthenes juga muncul pada periode ini.

Pada abad ke-18, geografi berkembang sebagai mata pelajaran ilmiah tersendiri. Ahli geografi seperti Alexander von Humboldt memainkan peran penting dalam mempopulerkan metode observasi dan survei ilmiah. Karya seperti Humboldt’s Cosmos memberikan pemahaman rinci tentang hubungan antara manusia dan lingkungan alam.

Pada abad ke-19, geografi berkembang lebih jauh dengan ekspedisi, pemetaan yang lebih akurat, dan perluasan studi tentang interaksi manusia dengan lingkungan alam. Ahli geografi seperti Carl Ritter dan Friedrich Ratzel memperkenalkan konsep seperti determinisme ekologi dan teori asal usul geografis.

Pada abad ke-20, perkembangan teknologi seperti foto udara, penginderaan jauh, dan sistem informasi geografis (GIS) membantu para ahli geografi mengembangkan metode penelitian yang lebih canggih. Mata kuliah ini dibagi menjadi subbidang seperti geografi fisik, geografi manusia, dan geografi regional.

Geografi Lingkungan: Perkembangan Ilmu Geografi

Di era modern, geografi semakin mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi. Penggunaan sistem navigasi satelit (GPS) memungkinkan pemetaan dan pengamatan yang lebih akurat. Geografi juga berkontribusi terhadap pemahaman tentang perubahan iklim, urbanisasi, pembangunan berkelanjutan, dan tantangan lingkungan lainnya.

Baca Juga  Allah Bersifat Baqa Artinya

Perkembangan geografis saat ini terus berfokus pada isu-isu global seperti perubahan iklim, urbanisasi yang pesat, menipisnya sumber daya alam, dan mobilitas sosial ekonomi pada skala lokal, regional, dan global. Silakan jelaskan bantuan apa yang Anda perlukan dengan keterbatasan anggaran dan waktu. Pertanyaan diposting secara anonim dan 100% bersifat pribadi.

Cocokkan Anda dengan guru terbaik untuk membantu Anda menjawab pertanyaan Anda. Guru-guru kami berkualifikasi tinggi dan berpengalaman.

Tutor Anda masing-masing memberikan bantuan yang dipersonalisasi berdasarkan detail pertanyaan Anda. Pembayaran hanya dilakukan setelah Anda menyelesaikan sesi 1 lawan 1 dan puas dengan sesi Anda.

Sejarah Perkembangan Kehidupan Di Bumi

Akuntansi Periklanan Bioteknologi Penyiaran Bisnis Bisnis Hukum Bisnis Perencanaan Bisnis Komunikasi Analisis Data Kewirausahaan Excel Facebook Pemasaran Perhotelan Perdagangan Internasional Pemasaran Internet Jurnalisme Manajemen Pemasaran Berita Media PowerPoint Cetak Media Penerbitan Real Estat Manajemen Ritel Manajemen Risiko Penjualan Manajemen Olahraga Pariwisata Rantai Pasokan

Studi Afrika Studi Amerika Animasi Antropologi Arsitektur Studi Asia Memasak dan Memanggang Studi Budaya Desain Tari Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa Inggris Studi Antropologi Desain Fashion Film Studi Gender Geografi Studi Dunia Desain Grafis Sejarah Humaniora Desain Interior Studi Yahudi Arsitektur Lansekap Amerika Timur Latin Linguistik Linguistik Psikologi Agama Ilmu Sosial Etiologi Studi Wanita Perencanaan Kota Teater

Aljabar Matematika Terapan Kalkulus Aritmatika Kriptografi Persamaan Diferensial Matematika Diskrit Grafik Geometri Aljabar Linier Matematika Teori Bilangan Analisis Numerik Teori Himpunan Probabilitas Statistika Trigonometri

Pengembangan Aplikasi .NET Pemrograman Bash C C# C++ Clojure CoffeeScript Erlang F

Materi Inisiasi 3

Pertanian Anatomi Fisika Terapan Astrobiologi Astronomi Astrofisika Biokimia Biologi Botani Kimia Eksplorasi Bumi dan Luar Angkasa Ekologi Ilmu Lingkungan Genetika Informasi Geografis Geologi Mikrobiologi Fisika Ilmu Roket Keberlanjutan Zoologi

Aplikasi Akuntansi Menulis Seni Menulis Esai Biologi Entri Blog Bisnis Studi Kasus Kimia Komunikasi Ilmu Komputer Penulisan Kreatif Ekonomi Penyuntingan Email Copy Teknik Bahasa Inggris Ilmu Lingkungan Film Bahasa Asing Geografi Geologi Tata Bahasa Kesehatan dan Sejarah Kedokteran Humaniora Sastra Manajemen Pemasaran Ilmu Matematika Program Keperawatan Psikologi mengoreksi penelitian dan meringkas resume menulis naskah sains SAT menulis studi sosial Shakespeare terjemahan lagu transkripsi Terjemahan dan Penulisan Buku Putih Bahasa

Kedokteran Gigi Kiropraktik Dietetika Kebugaran Kesehatan Global Kesehatan dan Medis Imunologi Kinesiologi Terapi Musik Neurologi Nutrisi Ilmu Nutrisi Farmakologi Kesehatan Populasi Kesehatan Masyarakat Pekerjaan Sosial Terapi Wicara Toksikologi Kesehatan

Baca Juga  Lagu Yang Berjudul Tukang Sayur Bertempo

Manajemen Penerbangan Teknik Dirgantara Teknik Biomedis Teknik Kimia Teknik Sipil Sistem Komputer Konstruksi Teknik Data Teknik Listrik Teknik Lingkungan Desain Industri Informatika Teknik Mesin Informatika Desain Produk Rekayasa Perangkat Lunak

Materi Perkembangan Ilmu Geografi, Kurikulum Merdeka Ips Kelas 10 Sma Bab 4 Halaman 221 224

Algoritma dan Struktur Data Kecerdasan Buatan Bahasa Perakitan Ilmu Komputer Basis Data Keamanan Cyber ​​Pembelajaran Mesin Jaringan Sistem Operasi Pengembangan Situs Web

• Pemahaman I 7 • Pada akhir Abad Pertengahan, geografi berkembang karena adanya hubungan dengan dunia timur dengan kota-kota seperti Catharcita, seperti Genoa dan Venesia, yang berada jauh di bawah peradaban bangsa Mongol. Pada awal abad XVII (18) VII geografi mulai menjadi ilmu Roundin. Mencocokkan angka untuk memahami geografi dan ejekan. 1 berkencan dengan metode penelitian ilmiahnya sendiri. Jenius dan Herodotus • Phrathostines al-Hindi • Suleiman…

Konten Buatan Pengguna diunggah oleh pengguna untuk tujuan pendidikan dan harus digunakan sesuai dengan Kode Kehormatan dan Ketentuan Layanan.

Ol 211 Tonggak Pencapaian Proyek Akhir Tiga Makalah Manajer sumber daya manusia adalah karyawan di organisasi mana pun. Peran mereka dalam proses manajemen kinerja… Ol 211 Tonggak Pencapaian Tugas Akhir Tiga Makalah Manajer sumber daya manusia adalah karyawan di organisasi mana pun. Peran mereka dalam proses manajemen kinerja adalah praktik terbaik (Pavlov, …

Pas Geografi X Worksheet

WU Penilaian dan Diagnosis Kesehatan Tingkat Lanjut Wawancara Wawancara Diskusi Harap tanggapi Rachel Horace Kembangkan riwayat kesehatan yang komprehensif CLAP Seorang laki-laki biracial berusia 4 tahun yang tinggal di rumahnya… Seorang laki-laki biracial yang tinggal bersama neneknya di kompleks perumahan umum dengan kepadatan tinggi laporan Klub Sejarah Kesehatan Komprehensif. Metode komunikasi dan wawancara yang digunakan untuk memperoleh riwayat kesehatan pasien dievaluasi secara berbeda untuk setiap pasien. Komunikasi memungkinkan dokter untuk membangun hubungan positif dengan pasien melalui kepercayaan dan membantu pasien menjadi lebih percaya diri (Ball et al., 2018). Pertama, saya akan mempertimbangkan untuk mewawancarai nenek tersebut mengenai hal-hal yang menyangkut anak tersebut, seperti informasi latar belakang dan sejarah. Nenek bisa lebih terbuka dan informatif serta paling pengertian

Perkembangan geografi, sejarah ilmu geografi, sejarah perkembangan ilmu geografi, materi sejarah perkembangan komputer, perkembangan sejarah geografi, perkembangan pandangan geografi, perkembangan ilmu geografi, contoh sejarah geografi, sejarah perkembangan ushul fiqih, sejarah perkembangan, geografi sejarah, sejarah lahirnya geografi