features

Sejak SMP Sukma Tiara Pangestu Kepincut Dunia Cosplay

Paling Sering Perankan Watanabe You

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Dunia cosplay memiliki tempat tersendiri di hati Sukma Tiara Pangestu. Gadis 21 tahun itu kerap tampil ala tokoh anime Jepang. Berkat itu pula, warga Desa Mlilir, Dolopo, Kabupaten Madiun, tersebut sering diundang show ke berbagai daerah.

Ara kepincut dunia cosplay sejak duduk di bangku kelas IX SMP. Tidak lama berselang, warga Desa Mlilir, Dolopo, Kabupaten Madiun, itu bergabung sebuah komunitas pencinta budaya Jepang di Madiun bernama Kazuma. Bermula dari situlah job menjadi cosplayer mulai berdatangan. ‘’Selain Madiun, saya pernah tampil di Kediri, Malang, Surabaya, dan Jogja. Paling sering di Solo,’’ katanya, Selasa (28/9).

Selain tampil ala Sonoda Umi, Ara kerap memerankan tokoh anime Jepang Love Live! lainnya seperti Ohara Mari, Watanabe You, Minami Kotori, Nishikino Maki, Kurosawa Rubym, dan Nozomi Tojo. Pernah juga menyulap dirinya menjadi tokoh dari Arknights, Keqing-Genshin, Kamen Rider Brave, dan Taddle Legacy. ‘’Paling sering jadi Watanabe You,’’ ujar gadis 21 tahun itu.

Selama ini Ara kerap memelototi channel YouTube Kleiner Pixel -cosplayer asal Jerman- agar penampilannya memerankan tokoh anime semakin sempurna. Sedangkan urusan kostum biasa diserahkan ke penjahit langganannya. Namun, jika dianggap tidak ribet dia memilih membuat sendiri.

Untuk menunjang penampilannya, saat ini Ara telah memiliki 12 kostum cosplay. Sedangkan wig sebanyak 17 dengan rentang harga Rp 100 ribu hingga Rp 400 ribu. Mayoritas impor dari Tiongkok. ‘’Agar tidak mubazir, saya sewakan juga,’’ sebut mahasiswi prodi Bahasa Inggris Unipma itu.

Selama menjadi cosplayer, tantangan terbesar yang harus dihadapi Ara adalah saat memerankan tokoh anime pria. Terutama ketika memoles bagian mata dengan make-up. Belum lagi ekspresinya sulit ditirukan. ‘’Kalau kenangan yang paling berkesan itu waktu foto bareng Larissa Rochefort (cosplayer sekaligus gamer ternama Indonesia, Red),’’ ungkap gadis yang juga jago nge-dance itu. (tr1/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button