AdvertorialMagetan

Sejahterakan IKM Magetan, Disperindag Fasilitasi Sertifikat Halal Gratis

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Magetan tak tanggung-tanggung dalam membina industri kecil menengah (IKM) di wilayah kerjanya. Terutama untuk meningkatkan daya saing industri makanan dan minuman (mamin) di Magetan. Keseriusan tersebut dibuktikan dengan difasilitasinya 12 pelaku IKM di bidang mamin untuk mendapatkan sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) secara gratis. ‘’Dengan adanya lebel halal di produk IKM ini diharapakan bisa meningkatkan kualitas dan penjualanya. Sehingga kesejahteraan temen-temen IKM lebih baik,’’ kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Magetan Sucipto Selasa (4/2).

Untuk mendapatkan label halal tersebut para pelaku IKM harus melalui beberapa tahap. Setidaknya usahanya sudah beroperasi minimal 2 tahun, masih aktif produksi, harus memiliki izin produk industri rumah tangga (PIRT), kualitas produk dan kemasan yang baik serta diterima di pasar, dan harus memiliki merek produk yang sudah terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM. ‘’Kalau sudah memenuhi persyaratan, kami dengan senang hati akan membantu untuk mendapatkan sertifikat halal tersebut,’’ ujarnya.

Selain sertifikat halal, juga diserahkan sertifikat hak paten merek kepada 15 IKM. Selebihnya sertifikat uji nutrisi untuk 6 IKM. Sementara perpanjangan sertifikat halal sebanyak 4 IKM. Khusus untuk sertifikat halal berlaku selama 2 tahun. Setelah habis harus diperpanjang secara swadaya agar masa berlakunya bertambah lagi. ‘’Dengan adanya sertifikat halal, hak paten merek dan uji nutrisi ini produk dari IKM Magetan dapat diakui oleh masyarakat. Dan produk yang dihasilkan IKM Magetan dapat bersaing dengan produk dari daerah lain,’’ harapnya.

Sementara itu, Astuti, pelaku IKM Abon Kelinci asli Ngariboyo, mengaku senang dengan diperolehnya sertifikat halal tersebut. Selain itu, dia mengucapkan terima kasih kepada Disperindag Magetan yang telah membantu memfasilitasi sehingga lebel halal bisa tersemat di produknya. ‘’Semoga ke depan semakin banyak pelaku IKM Magetan yang mendapatkan label halal ini,’’ pungkasnya. (ebo/fat/odi/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button