PolitikPonorogo

Segini Dana Kampanye Parpol Peserta Pemilu 2019 

PONOROGO – Dana awal kampanye partai politik (parpol) peserta Pemilu 2019 di Ponorogo yang dilaporkan ke komisi pemilihan umum (KPU) setempat minimalis. Berdasar hasil rekapitulasi, total hanya Rp 8,2 juta. PKB menjadi parpol yang rekening dana kampanyenya bersaldo terbesar. Yakni, Rp 2,5 juta (selengkapnya lihat grafis).

Komisioner KPU Ponorogo Teguh Wiyono mengatakan parpol diwajibkan menyerahkan rekening untuk transaksi penerimaan dan pengeluaran dana kampanye serta modal awalnya. Tujuannya, memudahkan KPU untuk mengaudit. ‘’Untuk laporan awal dana kampanye (LADK), semua parpol yang mengajukan calon legislatif (caleg) sudah menyerahkan sebelum 23 September lalu,’’ katanya, Rabu (3/10).

Terkait sumbangan dana kampanye, ada batasan maksimal yang boleh diterima parpol peserta pemilu. Perinciannya, Rp 2,5 miliar untuk sumbangan dari perseorangan dan Rp 25 miliar untuk sumbangan dari perusahaan atau pihak lain. Serta dari caleg dan parpol bersangkutan.

Teguh menyatakan dana kampanye pemilu caleg berupa uang wajib ditempatkan pada LADK lebih dulu sebelum digunakan. Selanjutnya, parpol melaporkan penerimaan sumbangan dana kampanye sampai 1 Januari 2019. ‘’Jadi, nantinya akan ada sejumlah dana lagi yang akan disetorkan. Dan, itu harus dilaporkan ke KPU,’’ tegasnya.

Selanjutnya, laporan akhir dana kampanye berupa pembukuan penerimaan dan pengeluaran diserahkan parpol kepada KPU terhitung delapan hari setelah pemungutan suara. Setelah itu, laporan tersebut bakal diaudit akuntan publik dengan standar yang ditunjuk KPU pusat.

Tujuannya, jelas Teguh, untuk menilai kepatuhan pelaporan dana kampanye dari parpol. Apakah sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan atau tidak. ‘’Tentu nanti ada sanksi kepada caleg maupun parpol yang tidak menyampaikan laporan penerimaan dan pengeluaran dana kampanye (LPPDK). Sanksinya paling berat pembatalan,’’ jelasnya.

Namun demikian, sebelum sampai ke tahap tersebut, KPU akan lebih dulu melakukan klarifikasi. Tujuannya, memastikan alasan parpol maupun caleg tidak melaporkan LPPDK sehingga berujung pada ancaman sanksi pembatalan.

Selain LADK parpol peserta pemilu, KPU juga mengumumkan dana awal kampanye tim pemenangan pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden di Ponorogo. Untuk paslon Joko Widodo-Ma’ruf Amin Rp 0. Sedangkan, paslon Prabowo Subianto-Sandiaga Uno Rp 300 ribu. (her/c1/sat)

 

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button