features

Segera Tayang Film Kisah Cinta Pejudi dan Putri Kiai yang Terhalang sampai Mati

Kisah Golan dan Mirah melegenda di Bumi Reyog. Perselisihan kedua wilayah dan cinta terlarang antara Joko Lancur dan Mirah Putri Ayu menginspirasi pembuatan film yang akan ditayangkan tahun ini.

RONAA NISA, Jawa Pos Radar Ponorogo

PERASAAN panik menyelimuti Joko Lancur. Ayam wiring kuning yang akan diadu kabur ke Desa Mirah (kini dusun di Nambangrejo, Sukorejo). Mirah Putri Ayu, anak Ki Ageng Honggojoyo atau dikenal dengan Ki Ageng Mirah, sedang sibuk menenun kain di rumahnya.

Siapa sangka ayam Joko Lancur kabur hingga ke rumah Mirah. Perempuan itu tertegun melihat ayam berbulu indah tersebut. Singkat cerita, pencarian Joko Lancur pun terhenti. Tak hanya menemukan ayamnya, dia juga bertemu sang tambatan hati. ‘’Ketika bertemu, Joko Lancur langsung jatuh cinta pada kecantikan Mirah,’’ kata Santoso, juru kunci Desa Golan, Senin (22/2).

Namun, Ki Ageng Mirah tak senang. Untuk bisa mempersunting Mirah Putri Ayu, dia memberi syarat kepada Joko Lancur untuk mengairi sawahnya dalam semalam. Syarat itu terpenuhi setelah Joko Lancur wadul ke sang ayah, Ki Ageng Honggolono. Sungai Serayu yang mereka bendung berhasil mengairi sawah Ki Ageng Mirah dalam semalam.

Joko Lancur rupanya kembali diberi syarat oleh ayah pujaan hatinya, yang lagi-lagi dapat dia penuhi. ‘’Merasa saling dipermainkan, akhirnya para orang tua murka dan saling melontarkan sabda. Itu berlaku sampai sekarang,’’ papar pria 58 tahun tersebut.

Joko Lancur tak dapat bersatu dengan Mirah hingga ajal menjemput. Hingga kini masih dipercaya bahwa segala sesuatu dari Golan dan Mirah sulit menyatu. Informasi yang dihimpun, kisah cinta Joko Lancur dan Mirah Putri Ayu diangkat dalam film web series oleh sineas Elang Herdian. Syuting filmnya rampung tahun lalu. ‘’Akan ditayangkan dalam waktu dekat,’’ tutur Santoso.*(naz/c1)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
               
         
close