News

Segala Macam Bentuk Cipta Rasa Dan Karsa

×

Segala Macam Bentuk Cipta Rasa Dan Karsa

Share this article

Segala Macam Bentuk Cipta Rasa Dan Karsa – Pendidikan merupakan bimbingan agar anak dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan kodratnya. Pertumbuhan dan perkembangan adalah pola pikir di sini. Ki Hadjar Dewantara menjelaskan bahwa jiwa manusia terdiri dari tiga kekuatan pokok (trisakti), yaitu tindakan (pikiran), rasa (hati), dan karsa (kehendak). Konsep tiga kekuatan ruh manusia terletak pada pemahaman masyarakat Indonesia sebelum ilmu pengetahuan modern membahas tentang ruh.

Kreativitas atau kemampuan mental merupakan bagian dari jiwa manusia untuk mempersepsi, memahami, mengingat dan menghancurkan berbagai hal dan peristiwa disekitarnya. Dengan akal, seseorang dapat melihat kebenaran dan memisahkannya dari apa yang salah. Imajinasi dapat melahirkan ide-ide baru yang sangat penting bagi perkembangan kualitas hidup manusia.

Segala Macam Bentuk Cipta Rasa Dan Karsa

Kekuatan spiritual yang kedua adalah pikiran, artinya segala gerak dan perubahan hati yang menjadikan seseorang senang, sedih, malu, malu, bangga, cinta, benci, dicintai, dan sebagainya. Emosi diketahui dengan hati, bukan dengan pikiran. Namun keduanya saling menguatkan. Emosi dapat menenangkan dan melemahkan emosi, namun emosi dapat mempercepat dan mengganggu pikiran kita. Manusia bukanlah robot atau mesin berpikir karena mereka mempunyai hati yang mampu mempersepsikan berbagai macam kejadian atau peristiwa yang dilihatnya.

Pelajar Muhammadiyah Dan Gerakan Keadilan Iklim

Kekuatan ketiga adalah karsa atau nafsu. Hasrat tersebut merupakan perasaan yang wajar dalam diri manusia (Ki Hadjar menyebutnya sebagai nafsu yang wajar). Perbedaan antara nafsu binatang dan nafsu manusia adalah bahwa nafsu itu merupakan proses yang diciptakan oleh imajinasi itu sendiri sebelum menjadi tindakan. Dalam diri manusia hal itu dipertimbangkan oleh pikiran dan dimurnikan oleh pikiran sebelum menghasilkan tindakan. Hal ini tidak terjadi pada hewan.

Baca Juga  Bahasa Inggris 1 Sampai 100

Belakangan Ki Hadjar menjelaskan bahwa gabungan ketiga kekuatan inilah yang disebut dengan pikiran manusia. Kualitas ketiga faktor ini menentukan apakah seseorang akan menjalani kehidupan yang bajik ataukah yang merusak. Oleh karena itu, pendidikan hendaknya tidak menjadi salah satu kekuatan spiritual.

Pengertian cipta rasa karsa, pengertian cipta rasa dan karsa, cipta rasa dan karsa, arti cipta rasa dan karsa, masjid sang cipta rasa, cipta rasa karsa, masjid cipta rasa cirebon, pt cipta rasa multindo, masjid cipta rasa, definisi cipta rasa dan karsa, permen segala rasa, cipta rasa